Ditantang Perang OPM, Mustofa: Kenapa Densus Tidak Merespon?

 
Anggota Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Mustofa B Nahrawardaya mempertanyakan keberadaan pasukan Densus 88 yang tidak merespon kelompok teroris-separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang menantang perang secara terbuka terhadap TNI dan Polri serta masyarakat non-Papua. 
 
"Inilah fenomena janggal dalam program pemberantasan terorisme. Kelompok yang secara terbuka menantang aparat untuk head to head berperang untuk kemerdekaan, seolah tidak dianggap sebagai ancaman teror. Padahal yang diteror jelas negara. Dalam hal ini TNI/Polri. Mereka punya kelompok, punya jaringan. Punya senjata. Punya markas. Bahkan mungkin punya bekingan di Luar Negeri. Tapi kenapa Densus tidak meresponnya?" kata Mustofa, Jumat (22/5/2015). 
 
Menurutnya, malasnya Densus merespon ancaman separatis di Papua, besar kemungkinan karena kelompok tersebut benar-benar ada dan eksis serta diketahui punya struktur dan amunisi yang nyata. 
 
"Ini jelas berbeda dengan terduga teroris di Jawa dan sekitarnya yang selama ini eksistensinya diketahui dari keterangan aparat. Ada kemungkinan lain, aparat dalam hal ini Densus, sudah mengetahui kekuatan para separatis Papua yang telah menantang mereka. Kekuatan riil yang sudah diketahui ini, kemudian dalam perhitungan, dapat membahayakan Densus," ungkap Mustofa.
 
Peneliti terorisme ini menjelaskan, OPM tentu berbeda dengan teroris atau terduga yang selama ini keberadaannya dan kekuatannya tidak pernah terpublikasi secara transparan ke Publik. "Rata-rata, kekuatan para terduga teroris, maupun rencana-rencana mereka, biasanya hanya diungkapkan oleh aparat. Sementara, ancaman separatis Papua, lebih riil dan dapat diketahui publik secara luas," jelas Mustofa.
 
Selain itu, kata Mustofa, bisa jadi ini adalah permainan intelijen hitam dalam mengatur "irama" politik pemerintahan. Tujuannya agar masyarakat dan media, bisa disibukkan dengan isu Papua Merdeka. 
 
"Kenapa harus disibukkan dengan urusan Papua Merdeka? Karena barangkali sedang ada rencana terselubung lainnya yang sedang berjalan," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, OPM pimpinan Puron Wenda dan Enden Wanimbo baru-baru ini menantang perang secara terbuka terhadap TNI dan Polri serta masyarakat non-Papua. Kelompok teroris yang bermarkas di Lany Jaya, Papua ini menegaskan bahwa perjuangan Papua Merdeka tetap menjadi harga mati. Mereka juga menolak segala bentuk dialog.  (SIonline/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ditantang Perang OPM, Mustofa: Kenapa Densus Tidak Merespon?"

Post a Comment