Pendam Cenderawasih Gelar Pelatihan Jurnalistik

Guna meningkatkan kemampuan menulis personilnya, Pendam XVII/Cenderawasih melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik pada Selasa (24/5/2016) di Kantor Pendam XVII/Cenderawasih. 

Kegiatan diikuti oleh sekitar 45 orang anggota Pendam dan Tim Cyber Kodam XVII/Cenderawasih dengan pembawa Mayor Arh Parlan Kepala Seksi Media Cetak Pendam XVII/Cenderawasih dan dibuka oleh Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Rahardjo. Dalam pelatihan tersebut materi yang disampaikan meliputi bagaimana menulis suatu release berita yang baik agar menghasilkan karya tulis  yang mampu menyampaikan  pesan kepada publik.

Sebelum pelaksanaan pelatihan Kapendam menyampaikan kepada seluruh peserta latihan agar dalam pelaksanaanya benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan, sehingga kedepannya seluruh prajurit penerangan mempunyai kemampuan dalam hal penulisan jurnalistik.

Lebih lanjut Kapendam menyampaikan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membekali prajurit penerangan agar dapat memahami konseptualisasi tulisan Jurnalistik dan mampu memenuhi kebutuhan penyampaian pesan atau informasi melalui tulisan serta menguasai teknik-teknik dasar menulis sehingga betul-betul mampu menghasilkan karya tulis jurnalistik, “ jelas Kapendam.

Dalam menyampaikan informasi kepada publik, tulisan menjadi bagian penting dalam sebuah berita, keberadaanya membuat pembaca lebih memahami berita yang disajikan. Ada etika yang selalu dijunjung tinggi, ada pesan dan berita yang ingin disampaikan, ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar dan ada momentum yang harus ditampilkan dalam sebuah frame. Seorang jurnalist  juga dituntut sigap dalam menangkap setiap momentum dari sebuah peristiwa, membingkainya dengan sebuah gambar yang berada dari apa yang dilihat oleh khalayak umum. Untuk mendapatkan kemampuan sedemikian itu tentunya ditentukan keahlian yang cukup. Kemampuan ini sudah menjadi sebuah tuntutan yang tak terelakkan khususnya bagi prajurit Penerangan dan bidang-bidang kehumasan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendam Cenderawasih Gelar Pelatihan Jurnalistik"

Post a Comment