Israel & AS Sepakat Pencabutan Blokade di Gaza Sebagai Tanda Kemenangan Hamas

Israel & AS sepakat pencabutan blokade di Gaza (Foto: Reuters)
AS sepakat pencabutan blokade di Gaza (Foto: Reuters)
Yerusalem - Tuntutan Hamas agar Israel mencabut blokade terhadap Gaza sepertinya mendapatkan jalan terang. Kabar terbaru pemerintah Israel dan Amerika Serikat (AS) telah menyepakati agar tuntutan Hamas itu disetujui. Namun pencabutan blokade akan dilakukan secara bertahap. Upaya ini dilakukan untuk mencapai gencatan senjata secara permanen antara Israel dan Hamas.

Dilansir dari Anadolu, Selasa (19/8/2014), sejumlah sumber Pemerintah Israel mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan AS untuk mengeluarkan rincian gencatan senjata permanen dengan Hamas.

Rencananya Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan melakukan kunjungan ke Israel pada pekan depan. Kunjungan Kerry akan berfungsi sebagai bentuk dukungan bagi Israel dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa pihaknya tidak bertentangan.

Menurut laporan media setempat, pencabutan blokade Gaza secara bertahap akan dimulai dengan memungkinkan lalu lintas laut kembali normal.

Seperti diketahui, pencabutan blokade Gaza merupakan salah satu tuntutan Hamas kepada Israel apabila menginginkan adanya gencatan senjata secara permanen. Selain itu, Hamas juga meminta agar Israel bersedia melakukan pembangunan terhadap Kota Gaza. Namun, bantuan tersebut akan didorong dengan bantuan internasional.

Sementara Israel hanya meminta agar senjata Hamas segera dilucuti dan tidak ada aktivitas militer di Jalur Gaza. Namun, diprediksi hal itu tidak akan dimasukkan ke perjanjian gencatan senjata, tetapi AS akan berusaha mencegah Hamas mendapatkan senjata.

Pencabutan blokade ini merupakan indikasi kemenangan Hamas selama sebulan lebih invasi Israel ke Gaza. (okezone/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Israel & AS Sepakat Pencabutan Blokade di Gaza Sebagai Tanda Kemenangan Hamas"

Post a Comment