Pemain Asing Tertahan, Pahang FA Batal Bertemu Persipura


Pemain Asing Tertahan, Pahang FA Batal Bertemu Persipura
Persipura batal bertemu dengan Pahang FA di 16 Besar Piala AFC yang seharusnya digelar pada Selasa (26/5). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Pahang FA memutuskan untuk pulang kembali ke Malaysia setelah tiga pemain asingnya tertahan di bandara Soekarno Hatta, Jakarta, pada Sabtu (23/5) malam karena tidak mendapatkan visa kunjungan untuk bermain. Pahang sendiri dijadwalkan untuk bertemu dengan Persipura Jayapura untuk bermain di putaran 16 besar Piala AFC pada Selasa (26/5) di Stadion Mandala, Jayapura.

Menurut sekretaris tim Persipura, Rocky Bebena, hal ini dikarenakan surat rekomendasi visa terlambat diajukan dan pihak imigrasi bandara tidak lagi melayani lagi pengurusan visa karena libur.

Sesuai prosedur, Pahang seharusnya mendapatkan surat rekomendasi/jaminan pengajuan visa dari klub dan federasi sepak bola negara yang akan menjamu mereka.

Namun, menurut Rocky, pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga telah mengedarkan surat edaran bahwa rekomendasi untuk visa kerja tim yang akan berkunjung ke Indonesia harus melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sebagai lanjutan sanksi administrasi yang diberikan kepada PSSI.

"Surat rekomendasi yang diberikan oleh BOPI kami terima jam 7 atau delapan (Sabtu, 23 Mei) malam. Waktu kami mengajukan ke imigrasi katanya libur dan tidak bisa memproses," ujar Rocky .
Sementara itu, Ruby Saputra, Staf Bidang Organisasi BOPI yang berkorespondensi dengan pihak Persib Bandung (juga bermain di Piala AFC) dan Persipura, mengatakan bahwa pihak BOPI telah mengirimkan surat rekomendasi untuk kedua klub pada Sabtu siang.

"Kami menerima surat pengajuan rekomendasi dari Persib hari Jumat (22/5) jam satu siang, lalu dari Persipura jam tiga siang ketika sudah tutup kantor. Karena rekomendasi harus melalui proses dan ditandatangani oleh Ketua Umum, maka surat baru bisa selesai Sabtu."

"Memang sempat terjadi kesalahan teknis pengiriman surat rekomendasi untuk Persipura, namun satu jam kemudian telah kami kirimkan suart yang benar ke akun email Persipura," kata Ruby saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Melalui rekam foto, BOPI mengirimkan surat pertama untuk Persipura pukul 13.58 WIB dan surat kedua pukul 15.01 WIB.

BOPI menerbitkan surat rekomendasi untuk tiga pemain asing Pahang FA, yaitu Dickson Nwakaeme, Zesha Rehman, dan Damion Delano Stewart, dan juga untuk enam pemain asing klub lawan Persib, Kitche FA.

Menurut Ruby, BOPI sendiri bertugas untuk memberikan surat rekomendasi kepada pihak klub di Indonesia, yaitu Persib dan Persipura, sementara kelanjutan dari rekomendasi tersebut akan diserahkan kepada pihak klub. 

Rocky menuturkan, tidak menutup kemungkinan proses pengajuan visa bisa dilakukan pada Senin (25/5), namun Pahang FA terlanjur kecewa dan memutuskan untuk kembali ke negaranya.

Hal sama juga dinyatakan oleh CEO Pahang FA, Fahrizal Hasan, melalui akun Twitternya. Ia mencuitkan kekecewaannya terhadap pengalaman ia dan timnya di Indonesia. (CNNindonesia/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemain Asing Tertahan, Pahang FA Batal Bertemu Persipura"

Post a Comment