11 Kelurahan di Kota Jayapura Dinyatakan Kawasan Kumuh, Cek Kelurahan Anda Termasuk???

Masyarakat adat di Jayapura, berpesta menyambut pengakuan keberadaan mereka dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Foto: Wahyu Chandra
Masyarakat adat di Jayapura, berpesta menyambut pengakuan keberadaan mereka dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. (Foto: Wahyu Candra/Mongabai.co.id)

Sebanyak 11 kelurahan dari 39 kelurahan di Kota Jayapura dinyatakan kawasan kumuh. Luas lahan pada kawasan kumuh di 11 kelurahan itu berkisar 101,74 hektar, di antaranya terletak di Gurabesi, Bhayangkara, Tanjung Griya, Hamadi, Entrop, Yobe, Awiyo, Imbi, Mandala, Numbay, dan beberapa lokasi lainnya.


Kepala Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) Papua, Edi Junaidi mengatakan pemerintah menargetkan 2019 lingkungan permukiman di perkotaan bebas akan lokasi kumuh, salah satunya dengan prakarsa 100-0-100 yang berarti 100% akses air minum, 0% kawaasan pemukiman kumuh dan 100% akses sanitasi layak.

Untuk membebaskan Jayapura bebas akan kawasan kumuh, P2KKP terus melakukan sosialisasi, pemetaan dan berbagi cara lainnya yang langsung dilakukan oleh warga yang tinggal ditempat kumuh itu. Rehab rumah juga menjadi bagian dalam program ini, selain itu ada juga penyediaan air bersih, hingga pemberdayaan masyarakat untuk ekonomi kerakyatan.

“Dari 39 kelurahan di Kota Jayapura, sampai hari ini yang telah menyelesaikan perencanaan partisipatif untuk pengerjaan fisik dengan target 100-0-100 ada 33 kampung. Artinya sudah ada 84% kelurahan yang menyelesaikan programnya dan tinggal dilaksanakan dilapangan,” ucapnya, Kamis (23/10) sebagaimana diberitakan Gatra.

Tahun ini, setiap kelurahan diberikan dana sekitar Rp 5 juta lebih dalam penyusunan program untuk membuat profil 100-0-100. Semua RT diwajibkan untuk menyusun profil pada setiap kelurahan, misalnya terkait keteraturan bangunan, kepadatan bangunan, kemudian bagaimana akses air minum, dan drainase, semua didata dengan baik.

“Setelah memiliki profil kampung, ada dua cara penanganan, misalnya kampung dengan kategori kawasan kumuh, akan ditingkatkan kualitasnya dan bagi kampung yang belum dapat dikategorikan kumuh, kita lakukan pencegahan. Harapannya di tahun 2016, 11 kawasan itu akan berkurang , bahkan bisa 0%,” ucapnya. (Gatra)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Kelurahan di Kota Jayapura Dinyatakan Kawasan Kumuh, Cek Kelurahan Anda Termasuk???"

Post a Comment