Rio Haryanto akan Menjadi Pembalap F1 Pertama dari Indonesia

278832
Pebalap muda Indonesia, Rio Haryanto, mendapat lampu hijau untuk tampil di ajang Formula One (F1) musim depan. Pebalap 22 tahun itu sudah diterima menjadi pebalap tim Manor musim depan.

Kepastian tersebut diungkapkan ibu sekaligus manajer Rio, Indah Pennywati, yang menyatakan pihak Manor terkesan dengan penampilan anaknya saat menjalani tes di Sirkuit Yas Marina, Adu Dhabi, 1 Desember lalu.

“Pihak Manor sudah meminta Rio untuk melakukan penandatanganan kontrak pekan depan,” ujar Penny kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/12).

Namun, langkah Rio untuk tampil di ajang F1 terancam gagal jika tidak mendapatkan sponsor hingga 15 juta euro. Saat ini pebalap kelahiran Surakarta itu masih kurang 10 juta euro atau setara Rp150 miliar.
“Kami berharap pemerintah atau BUMN, pihak swasta bisa memberikan support. Kami akan mengusahakan yang terbaik untuk Rio,” tegas Indah.

Rio membuat pihak Manor terkesan setelah menjalani tes di Abu Dhabi. Pada tes khusus untuk ban Pirello tersebut, catatan waktu terbaik Rio adalah 1 menit 49,593 detik. Catatan waktu itu lebih cepat dari pebalap GP2 lainnya yang juga ikut melakukan tes, Jordan King, yang meraih 1 menit 49,661 detik.
Rio dan King merupakan dua pebalap terakhir yang menggunakan mobil Manor MR03 dengan mesin Ferrari. Musim depan Manor berhasil menggandeng Mercedes sebagai penyuplai mesin tim.

Manor merupakan tim F1 yang bermarkas di Inggris. Musim lalu tim yang tampil di F1 sejak 2012 tersebut menggunakan jasa tiga pebalap, Will Stevens, Roberto Merhi, dan Alexander Rossi. (Lingkarannews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rio Haryanto akan Menjadi Pembalap F1 Pertama dari Indonesia"

Post a Comment