Melongok Aktivitas Sehari Bersama Qur'an Kader-Kader PKS Kota Jayapura



Saat memasuki Masjid Abhas di bilangan Entrop Jayapura pada Ahad (6/7/2014) pagi, pendengaran Anda akan dimanjakan dengan gema lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dari ratusan lisan yang hadir di sana. Masing-masing orang duduk bersila atau dalam posisi duduk tahiyat sembari memegang Al-Qur’an di tangan. Yang laki-laki duduk memenuhi shaf-shaf depan, sementara yang perempuan duduk di shaf-shaf belakang. Ratusan orang ini adalah kader-kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Jayapura yang tengah menggelar acara bertajuk “Sehari Bersama Al-Qur’an”.

Sembari menantikan hadirnya pemateri pagi itu, mereka terus mendaras berlembar-lembar ayat-ayat Tuhan itu. Mereka baru berhenti dari aktivitas ini saat pembawa acara mengumumkan bahwa kegiatan penyampaian materi segera dimulai.

Pemateri kali ini adalah Ustadz Mushlihuddin, Lc berasal dari Kota Timika. Ustadz lulusan LIPIA Jakarta ini menyampaikan materi dengan tema Bagaimana menumbuhkan dzauq (perasaan intim, perasaan nikmat) bergaul dengan Al-Qur’an. Ustadz Mushlih pun menyampaikan materi disertai contoh-contoh bagaimana para sahabat Rasulullah Muhammad saw bergaul dengan Al-Qur’an. Tak pelak materi ini menjadikan hadirin tertunduk malu, mengingat betapa masih sangat jauhnya diri mereka dibandingkan dengan para sahabat Rasulullah dalam berinteraksi dengan Al-Quran.

Ustadz yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kabupaten Mimika ini menyampaikan empat hal untuk meningkatkan perasaan dekat dengan Al-Qur’an. Pertama, meningkatkan interaksi dalam bentuk membacanya (tilawah). Kedua, melakukan tadabbur (merenungkan) kandungan Al-Qur’an. Ketiga, memunculkan bi’ah (lingkungan) Qur’ani. Keempat, menumbuhkan bi’ah taklimiah (pengkajian isi Al-Qur’an).

Selepas penyampaian materi ini, para keder mengikuti program lomba membaca dan hafalan Al-Qur’an. Kader laki-laki melaksanakan lomba di dalam masjid, sementara kader perempuan di Gedung Yayasan As-Salaam yang bersebelahan dengan masjid. Dalam lomba membaca Al-Qur’an, para kader dinilai bacaannya berdasarkan kebenaran mahraj dan kesesuaian dengan ilmu tajwid. Sementara dalam lomba hafalan, para kader terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang menghafal juz 30 dan kelompok yang menghafal Surat Al-Kahfi.

Salah Sudut Lomba Hafalan
Ketua Bidang Kaderisasi DPD PKS Kota Jayapura, Ustadzah Irma Tuharea menyatakan bahwa melalui kegiatan seperti ini diharapkan interaksi kader terhadap Al-Qur’an akan terus meningkat yang berimbas pada meningkatkan keshalihan pribadi. Menurut Ustazah Irma, dengan meningkatnya keshalihan pribadi diharapkan akan berimbas pada peningkatan keshalihan sosial. Keshalihan sosial akan mewujud dalam bentuk kontribusi positif para kader terhadap masyarakat. (MAS/kabarpapuanet)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melongok Aktivitas Sehari Bersama Qur'an Kader-Kader PKS Kota Jayapura"

Post a Comment