(Terkait Rohingya) Komnas HAM: Sikap Biksu Ahsin Wirathu Bentuk Kejahatan Manusia

Biksu Ahsin Wirathu.
Biksu Ahsin Wirathu.
Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Manager Nasution menilai tindakan biksu Ahsin Wirathu yang mengusir etnis Rohingya dari Myanmar sebagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Apalagi, ia sering bersuara untuk mengajak pengikutnya agar memerangi kaum minoritas yang beragama Islam itu.
 
"Sikap biksu Ahsin Wirathu kejahatan manusia," tegas Manager di Jakarta, Sabtu (23/5).

Manager khawatir, kejahatan yang dilakukan oleh Ahsin akan berdampak bagi negara-negara tetangga di kawasan lainnya khususnya Indonesia. Menurut Manager, kejahatan seperti itu harus dihentikan. "Etnis Rohingya memiliki hak yang sama sebagai manusia," kata Manager.

Menurut Manager, hal terpenting saat ini bagaimana memberikan bantuan yang baik terhadap para pengungsi Rohingya yang terdampar di Indonesia. Manager menilai Indonesia sudah saatnya untuk meratifikasi Undang-Undang mengenai pengungsi.

Bila sudah diratifikasi, maka Myanmar wajib untuk hadir dalam menjamin terpenuhinya hak-hak etnis Rohingya. "Pengungsi Rohingya pun dapat terjamin kelangsungan hidupnya," ujar Manager. (rol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Terkait Rohingya) Komnas HAM: Sikap Biksu Ahsin Wirathu Bentuk Kejahatan Manusia"

Post a Comment