Tiga Kader PKS Berpeluang Jadi Pimpinan DPRD Maluku

DPRD Maluku

Ambon - Empat parpol yang menempati posisi teratas perolehan suara Pileg di Provinsi Maluku mulai mempersiapkan calon-calon pimpinan DPRD Maluku.

PDIP selaku parpol pemenang Pileg di Maluku berhak menempati posisi Ketua DPRD sementara tiga wakil ketua akan ditempati anggota legislatif dari Partai Golkar, PKS dan Partai Demokrat.

Khusus untuk PKS, tiga di antara lima anggota DPRD periode 2014-2019 terpilih berpeluang menempati posisi wakil ketua. Ketiganya yaitu Syaid Mudzakir Assagaff, Fahry Alkatiri dan Saadiah Uluputty.

Sekretaris DPW PKS Maluku, Suhfi Madjid kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (13/8) juga mengaku ketiga anggota DPRD periode 2014-2019 terpilih berpeluang menempati posisi wakil ketua.

“Ada Pak Assagaff, Alkatiry dan satu politisi perempuan Saadiah Uluputty. Selain Assagaff, kedua figur ini juga punya kemampuan dalam memegang jabatan itu,” ungkapnya.

Walau begitu, katanya, PKS hingga kini belum ada pembica­raan untuk membahas siapa calon wakil ketua tersebut.

“Kita belum membahas siapa calon Wakil Ketua DPRD, namun untuk membahas hal itu tidak terlalu repot, sebab kader-kader PKS semuanya punya kemampuan dan kualitas yang mumpuni,” katanya.

Dijelaskan, seluruh kader PKS yang terpilih menjadi anggota DPRD punya kualitas dan kemampuan yang tidak diragukan, namun untuk menentukan siapa wakil ketua dewan itu ada di DPP Pusat.

“DPP yang menentukan atau punya hak penuh dalam hal itu. namun saat ini kita internal belum membahasnya. Akan tetapi untuk membahas itu pasti secepatnya,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun Siwalima terungkap dari ketiga calon tersebut, sebenarnya Syaid Mudzakir Assagaff lebih berpeluang menjadi Wakil Ketua DPRD Maluku periode 2014-2019. Apalagi ia saat ini juga menjadi Wakil Ketua DPRD Maluku.

Namun ada kebiasaan regenerasi yang dilakukan PKS, dimana seorang anggota DPRD tak lagi yang menempati posisi yang sama pada periode berikutnya. Buktinya, Assagaff dipilih menjadi Wakil Ketua DPRD Maluku periode 2014-2019 dari PKS menggantikan seniornya Sudarmo. Padahal Sudarmo juga terpilih pada periode tersebut.

Bisa saja hal itu kini aka terjadi bagi Assagaff. Jika Assagaff tersingkir akibat kebiasaan regenerasi PKS tersebut, maka peluang kini hanya antara Alkatiri dan Uluputty. Namun semuanya tergantung DPP PKS. 

Sumber: siwalimanews

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Kader PKS Berpeluang Jadi Pimpinan DPRD Maluku"

Post a Comment