Pesta Tahun Baru di Shanghai Renggut 35 Nyawa

Perayaan tahun baru di Shanghai Cina membawa petaka. Sedikitnya 35 orang tewas dan 42 lainnya terluka saat kepanikan melanda ratusan ribu orang yang berkumpul di Lapangan Chen Yi di kota bisnis Cina tersebut.

Diberitakan Reuters yang mengutip stasiun berita CCTV, insiden ini terjadi saat sekitar 300 ribu orang berkumpul untuk merayakan malam pergantian tahun di Lapangan Chen Yi, tepatnya di tepi Sungai Huangpu yang merupakan tempat favorit wisatawan.

Menurut kantor berita Xinhua, kekacauan terjadi pada pukul 23.35 saat massa panik dan berdesak-desakan, membuat banyak orang yang kehabisan nafas atau jatuh dan terinjak.

Dalam foto yang diunggah di internet, terlihat warga menyemut di sepanjang tepian sungai. Foto lainnya memperlihatkan pekerja medis tengah menangani korban yang tergeletak di trotoar sembari menunggu ambulans datang.

Beberapa foto menampilkan warga mendapatkan pertolongan pertama pada luka, sementara polisi mengamankan lokasi.

Departemen kepolisian Shanghai menulis dalam akun sosial media mereka menuliskan bahwa beberapa wisatawan “terinjak-injak” dan meminta massa untuk meninggalkan lokasi dengan tertib.

Belum diketahui dengan pasti penyebab kepanikan tersebut, polisi masih terus menyelidikinya.
Korban tewas dan terluka dibawa ke Rumah Sakit Umum Shanghai.

Akibat peristiwa ini, pemerintah kota Shanghai membatalkan pertunjukan laser 3 dimensi, sebuah atraksi spektakuler yang tahun lalu menyedot 300 ribu orang.

Pemerintah mengatakan di blog mikronya bahwa penyelidikan telah dimulai, dan para pejabat kota itu bergegas ke lokasi kejadian dan ke rumah sakit untuk menjenguk orang yang cedera, kata Reuters. Sebuah pertemuan darurat akan diselenggarakan guna memastikan langkah pengamanan dilakukan di seluruh kota tersebut.

Pemerintah telah memperlihatkan keprihatinan mengenai pengendalian kerumunan orang dalam beberapa hari sebelum malam Tahun Baru. Mereka belum lama ini membatalkan pertunjukan tahunan laser 3D di Bund, yang tahun 2013 menarik sebanyak 300.000 orang.

Saat fajar pada Kamis, masih ada kerumunan orang dalam jumlah sedikit yang berusaha mendapatkan taksi untuk pulang ke rumah mereka dan pekerja sedang membersihkan sampah yang bertebaran di sekitar Bund. Hanya ada sedikit tanda kekacauan yang telah terjadi beberapa jam sebelumnya. (ip)

Subscribe to receive free email updates: