Pesawat Aerobatic TNI AU Bertabrakan dan Jatuh di Malaysia

Tim aerobatik Jupiter Indonesia. ilustrasi
Tim aerobatik Jupiter Indonesia
Dua pesawat Jupiter Aerobatic Team milik TNI Angkatan Udara Indonesia mengalami kecelakaan dalam acara Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2015, Malaysia. Kejadian terjadi pada pukul 14.00 waktu setempat. Saat enam pesawat jenis KT-1B itu melintasi MIEC, dua di antaranya bersenggolan dan kehilangan arah. Kedua pesawat kemudian jatuh di luar area bandara disusul dengan adanya api dan kepulan asap.

Kapuspen TNI Mayjend Fuad Basyah membenarkan kejadian tersebut. "Info benar dan lain-lain masih didalami," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (15/3/2015). Dia tak bersedia memaparkan lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Sementara itu mengacu pada Wikipedia, pesawat yang digunakan Jupiter Aerobatik Team milik TNI AU adalah pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korsel. Semua penerbang yang tergabung dalam tim ini adalah para Instruktur Terbang TNI AU.

Sejauh ini, TNI AU memiliki delapan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan yang dicat dengan warna Merah-Putih.

Sementara itu, LIMA 2015 adalah pameran dirgantara dan kelautan yang diselenggarakan di Malaysia. Dalam ajang ini, berbagai industri penerbangan dan kelautan unjuk gigi atas produk-produk mereka. (rol/tribun/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesawat Aerobatic TNI AU Bertabrakan dan Jatuh di Malaysia"

Post a Comment