80 Ribu Warga Inggris Serukan Penangkapan PM Israel Netanyahu

80 Ribu Warga Inggris Serukan Penangkapan Netanyahu
Sekitar 80 ribu warga Inggris telah menandatangani petisi yang menyerukan penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu atas kejahatan perang. Petisi ini muncul menjelang kunjungan Netanyahu ke London, Inggris bulan depan.

Petisi ini diluncurkan awal bulan ini oleh warga Inggris, Damian Moran dan diposting di situs pemerintah Inggris.

"Di bawah hukum internasional, dia (Netanyahu) harus ditangkap atas kejahatan perang setibanya di Inggris, atas pembantaian lebih dari 2.000 warga sipil pada tahun 2014," tulis Moran mengenai operasi militer Israel selama 50 hari di Gaza pada tahun lalu.

Jika jumlah penanda tangan petisi ini mencapai 100 ribu orang, maka petisi ini bisa dipertimbangkan untuk dibahas dalam sidang parlemen Inggris. Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (25/8/2015).

Namun kepada media lokal, Moran menyampaikan keraguannya bahwa petisi ini akan bisa masuk ke parlemen, mengingat dekatnya hubungan antara pemerintah Israel dan Inggris.

Pemerintah Inggris memberikan tanggapan atas petisi warganya ini. "Kami mengakui bahwa konflik di Gaza tahun lalu menelan korban yang mengerikan," demikian statemen pemerintah Inggris.

Israel melancarkan aksi militer terhadap militan Hamas di wilayah Jalur Gaza pada 8 Juli 2014 lalu. Operasi yang berlangsung selama 50 hari itu menewaskan lebih dari 2 ribu warga Palestina dan 66 tentara Israel. (detik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "80 Ribu Warga Inggris Serukan Penangkapan PM Israel Netanyahu"

Post a Comment