Mantap, Kodim Jayapura Latih 50 Babinsa di Pedalaman Jadi guru

Kodim Jayapura latih babinsa jadi guru

Komando Distrik Militer 1701/Jayapura bekerja sama dengan Kementrian Pertahanan untuk melaksanakan pelatihan guru bagi bintara pembina desa (Babinsa) dilingkup Kodim yang bertugas di pedalaman dan perbatasan Papua dengan negara tetangga PNG.

"Kegiatan pelatihan guru terhadap 50 Babinsa itu dilaksanakan di Balai Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, pada Kamis (3/12)," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Pelatihan itu menghadirkan sejumlah nara sumber diantaranya adalah Ny Sineri dan Ny Fauzi dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Yosephine Marike Watofa Dosen Psikologi dari Universitas Cenderawasih dan Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Andriyanto, dan Pasilog Kodim Lettu Inf Komza Budi Murtono.

Sementara materi yang dibawakan dalam pelatihan tersebut yaitu Kepemimpinan Lapangan yang dibawakan oleh Letkol Inf Andriyanto, Cara Memberikan Materi Kepada Peserta Didik oleh Ny Sineri dan Psikologi Pendidikan oleh Yosephine Marike Watopa dan Cara Memberikan Instruksi oleh Lettu Inf Komza Budi Murtono.

"Kegiatan pelatihan guru untuk Babinsa yang berada di pedalaman dan perbatasan NKRI dan Papua New Guinea sangatlah membantu bagi anggota karena disamping bisa mendekati masyarakat secara persuasif, juga bisa membantu masyarakat untuk membagikan ilmu sehingga tercipta SDM yang yang handal dan berkualitas terlebih lagi di wilayah yang tidak memiliki tenaga pengajar," katanya

Menurut dia, pendidikan merupakan masalah penting terhadap pembangunan di wilayah Papua sehingga menjadi prioritas yang paling utama adalah meningkatkan kualitas SDM di bidang Pendidikan.

"Program-program pembangunan Otonomi Khusus di Papua adalah pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan dan infrastruktur maka sudah tentu diharapkan pula peningkatan SDM yang sangat tergantung pada pelaksanaan keempat bidang tersebut, sehingga kami gelar pelatihan guru bagi Babinsa untuk membantu hal yang dimaksud tadi," katanya. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantap, Kodim Jayapura Latih 50 Babinsa di Pedalaman Jadi guru"

Post a Comment