Tambahan 14 Kursi DPR Papua untuk Orang Asli Papua Memasuki Tahapan Pendaftaran

Tambahan 14 kursi anggota DPR Papua dari jalur orang asli Papua (OAP) telah memasuki tahapan pendaftaran.

Tim pemantau mengawasi secara ketat proses pendaftaran 14 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dari jalur orang asli Papua (OAP) dari Teluk Saereri yang mencakup Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Yapen Kepulauan, Waropen serta Mamberamo Raya.

Koordinator tim pemantauan seleksi calon anggota DPRP dari OAP daerah Teluk Saereri, Alex Kirihio, di Biak, menyebutkan sejak pendaftaran untuk mengisi 14 kursi OAP dari Kabupaten Biak Numfor terdapat 39 calon yang telah mendaftar.

"Dari 39 calon mendaftar hanya 26 orang yang mengembalikan berkas pendaftaran, sekitar 56 persen berkasnya tidak lengkap," ujarnya pula.

Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Yapen, lanjutnya, data pendaftar sebanyak 44 calon, sementara yang mengembalikan berkas administrasi sebanyak 27 orang.

Calon pendaftar anggota DPRP khusus OAP daerah seleksi Kabupaten Waropen, menurut Alex, sebanyak 14 calon dan yang mengembalikan formulir pendaftaran sebanyak 13 orang.

Ia menyatakan selama proses pendaftaran calon anggota DPRP khusus untuk OAP di daerah pengangkatan Teluk Saereri pada 13 Mei hingga waktu penutupan pendaftaran 15 Mei 2016 pukul 00.00 WIT, telah berjalan lancar sesuai jadwal.

"Semua berkas pendaftar calon anggota DPRP khusus dari OAP akan dilakukan verifikasi oleh tim panitia seleksi daerah pengangkatan wilayah Teluk Saereri yang berkedudukan di Serui, ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen," kata Alex lagi.

Para pendaftar calon anggota DPRP itu, menurut Alex, berasal dari berbagai profesi, di antaranya aktivis perempuan, mantan pejabat pemkab, mantan Bupati Biak Yusuf Melianus Marten, mantan anggota DPRP, para tokoh adat, tokoh agama serta pegiat LSM setempat.

Jumlah anggota DPRP khusus OAP dari kursi pengangkatan otonomi khusus Papua sebanyak 14 kursi, tiga di antaranya akan diperebutkan para calon dari daerah pengangkatan Teluk Saereri. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tambahan 14 Kursi DPR Papua untuk Orang Asli Papua Memasuki Tahapan Pendaftaran"

Post a Comment