Ini Alasan Pengamat Mengatakan: Prabowo Leader, Jokowi Manajer

Pengamat Politik Taufik Bahaudin ketika hadir sebagai komentator di TVOne Senin (9/6/2014) malam, mengatakan bahwa dari debat capres terlihat bagaimana beda pola pikir antara Prabowo dan Jokowi.

“Apa yang ada pada diri orang itu terlihat dari apa yang diungkapkannya.  Bagaimana cara berpikirnya terlihat dari cara ia mengungkapkan gagasan,”  ungkap Taufik.

Taufik juga menyatakan bahwa dari penampilan Prabowo dan Jokowi terlihat beda tipe kepemimpinan antara Prabowo dan Jokowi.

“Tadi terlihat sekali bahwa Prabowo adalah leader, sementara Jokowi adalah manajer,” lanjut Taufik.

Taufik pun mengungkapkan alasan ia melabeli perbedaan tipe kepemimpinan antara Prabowo dan Jokowi.

“Leader itu berpikirnya runut, sistematis, berpikir sesuatu yang besar. Kita lihat kan tadi Pak Prabowo berbicara di tataran makro dengan konsep-konsep.”

“Pak Jokowi dengan gayanya berbicara di tataran pelaksanaan. Pak Jokowi ini merupakan tipe manajer bukan leader, dengan gayanya dia lebih people oriented, dia seorang manajer. Manajer itu blusukan, it’s clear (itu jelas, Red). Sekarang pilihan tergantung ada pada masyarakat mau pilih tipe leader atau manajer?” katanya.

Taufik juga mengungkapkan tipe kepemimpinan dari Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla.

“Pak Hatta, saya lihat dia juga adalah leader. Berpikirnya sesuatu yang besar. Sedangkan Pak JK itu enterpreneur, dia berpikirnya out of the box tidak tersitematis.”

Ketika dibantah oleh kubu Jokowi yang mengatakan bahwa  Jokowi adalah leader karena telah memimpin Solo dan Jakarta, dibantah oleh Taufik.

“Leader dan manajer ada ukurannya. Itu ada ilmunya. Gak bisa dilihat dari sisi politik dengan pernah memimpin atau tidak.” (MAH/kabarpapuanet)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Pengamat Mengatakan: Prabowo Leader, Jokowi Manajer"

Post a Comment