Cetak Sejarah, Persipura Melaju ke Semifinal AFC Cup 2014

Persipura vs Kuwait SC: Babak Pertama, Persipura Unggul 3-0
Boaz Salossa
JAYAPURA - Persipura Jayapura akhirnya melaju ke Babak Semifinal (4 besar) dalam perhelatan Piala AFC setelah menumbangkan juara bertahan AFC tahun lalu, Kuwait SC di leg kedua perdelapan final yang digelar di stadion Mandala, Selasa (26/8) sore.


Persipura memetik skor pertama di menit kedua, setelah Robertino Pugliara menyarangkan golnya ke gawang Kuwait SC. Pada menit ke-44 Boaz Salossa menggandakan keunggulan lewat tendangan spekulasi jarak jauhnya.


Selebrasi kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa, seusai mencetak gol ke gawang Kuwait SC (Dok. Twitter AFC Cup)
Gol Boaz berawal dari serangan balik. Mendapatkan bola di sepertiga lapangan, Boaz melihat kiper Kuwait SC jauh meninggalkan gawangnya.

Sekali kontrol, dia langsung melepaskan tendangan spekulasi jarak jauh. Bola meluncur ke gawang, memantul ke tanah sebelum masuk gawang. Kiper Kuwait yang berusaha mengejar tak kuasa menahan laju. 2-0 untuk Persipura.

Saat laga memasuki injury time, Persipura kembali mencetak gol. Kali ini Pugliara mencetak gol keduanya. Mendapatkan umpan terobosan Boaz, Pugliara dengan tenang mengecoh kiper Kuwait. Skor 3-0 menjadi milik Persipura hingga babak pertama usai.

Pada babak ke-2, Persipura semakin meninggalkan lawan dalam perolehan skor menjadi 4-0 berkat gol Tibo pada menit ke-51. Gol berawal dari tembakan Boaz yang mampu ditepis lawan. Tibo kemudian menyambut bola rebound tersebut dengan sepakan keras yang berujung gol.

Namun, Persipura kebobolan oleh gol tandukan Khaled Al Kandari pada menit ke-65.

Dua menit berselang, Persipura mencetak gol balasan melalui aksi Robertino, sekaligus memastikan hattricknya. Ia dengan skill individu luar biasa berhasil mengecoh tiga pemain lawan, sebelum mencetak gol. Gol ini membuat Persipura unggul 5-1.

Persipura semakin di atas angin setelah Kuwait SC bermain dengan 10 pemain. Reshidi diganjar kartu kuning kedua usai menendang kiper Yoo Jae-Hoo.

Persipura baru bisa mencetak gol tambahan melalui aksi individu Ferinando Pahabol. Ia berhasil melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan yang tak mampu dibendung kiper lawan. Gol ini sekaligus memutup pesta gol Persipura. Skor 6-1 untuk Persipura Jayapura.


Di leg pertama lalu, Persipura kalah 3-2 dari Kuwait. Dengan demikian, Persipura unggul agregat 8-4 atas Kuwait SC dan berhak melaju ke semifinal Piala AFC 2014.

SUSUNAN PEMAIN
PERSIPURA JAYAPURA:  
Yo Jae Hoon, Yohanis Tjoe, Bio Paulin Pierre (Dominggus Fakdawer ’18), Ruben Karel Sanadi, Lim Joon Sik, Gerald Pangkali, Robertino Pugliara, Imanuel Wanggai, Yustinus Pae, Titus Bonai (Yohanes Pahabol ’83), Boaz Solossa


KUWAIT SC:
Musab Al Kandari, Fahad Awadh Shaheen, Sami Al Sanea, Al Shammari, Leandro Makelele, Al Rashidi, Chadi Hammami, Waleed Ali Hussein Jumah, Fahad Al Enezi, Rafael Bastos, Reza Goochannejhad

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cetak Sejarah, Persipura Melaju ke Semifinal AFC Cup 2014"

Post a Comment