Ice-Bucket ala Gaza, Disiram Debu Puing-puing

Ice-Bucket ala Gaza, Disiram Debu Puing-puing
Dust-Bucket Challenge (YouTube)
Berikut ini adalah cara lain untuk menggalang dukungan dunia bagi perjuangan rakyat Gaza, Palestina. Seorang warga Gaza City melakukan Dust-Bucket Challenge, yaitu menyiram tubuh puing-puing bekas reruntuhan bangunan di Gaza yang hancur lebur digempur Israel. Aksi ini terinspirasi oleh tren Ice-Bucket Challenge yang melakukan hal yang sama tetapi dengan media berupa es.
"Saya harus melakukan sesuatu untuk mengirim pesan di seluruh dunia tentang Gaza," kata Ayman al Aloul, jurnalis yang mencetuskan Dust-Bucket Challenge kepada NBC News, Selasa 26 Agustus 2014.

"Inspirasi itu tiba-tiba muncul untuk menampilkan seluruh gambar bagaimana Gaza terlihat sekarang, puing-puing, kehancuran, semen dengan pasir, batu-batu kecil," tambah Aloul.

Dust-Bucket Challenge mulai dilakukan Aloul Sabtu lalu setelah dia berdiskusi dengan teman-temannya tentang cara-cara untuk menunjukkan dukungan kepada Gaza.

Ice-Bucket Challenge ala Gaza ini pun menyebar dengan cepat ke seluruh dunia maya. Halaman

Dust-Bucket Challenge di Facebook mendapatkan hampir 2000 like hingga Senin pagi kemarin.

Selain Facebook, hashtags #dustbucketchallenge dan #remainsbucketchallenge juga menjadi trending topik di Twitter.

Israel meluncurkan serangan udara telah tanpa henti terhadap Gaza sejak 8 Juli di mana lebih dari 2.100 telah tewas dan ribuan terluka.

Aloul berharap melalui Dust-Bucket Challenge ini akan menyebarkan pesan tentang penderitaan Gaza. "Jika lima orang terkenal di dunia seperti aktor atau presiden melakukan Dust-Bucket Challenge, berarti saya berhasil mengirimkan pesan tentang Gaza," katanya.

Doa Aloul ini terjawab dengan cepat setelah seorang pejabat Turki mengambil tantangan tersebut.
"Ini merupakan alternatif untuk Ice-Bucket Challenge karena anak-anak di Gaza terkubur di bawah reruntuhan rumah mereka yang dibom Israel," kata Mehmet Kaya, perwakilan dari Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH) di Gaza, seperti dikutip World Bulletin.

"Ini adalah Gaza, jantung Palestina, di mana anak-anak dan perempuan dibunuh oleh berton-ton bom yang jatuh di atas kepala mereka," tambahnya.

Kaya mengatakan ia mengirim pesan kepada para pemimpin dan ulama di dunia Muslim. "Anda harus mengambil seember debu dan tuangkan di atas kepala Anda untuk merasakan ketidakadilan yang dilakukan terhadap rakyat Gaza," katanya.

Ice-Bucket Challenge bertujuan menggalang dana bagi ALS Association. Kampanye tersebut mendapat respon dari berbagai tokoh terkenal, Mulai dari mantan Presiden AS, George W. Bush dan Lady Gaga hingga Oprah Winfrey.

Viral yang sensasional itu berhasil mengumpulkan dana US$62.5 juta untuk melawan kelainan neurologis yang biasa dikenal dengan nama Lou Gehrig's Disease. (dream/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ice-Bucket ala Gaza, Disiram Debu Puing-puing"

Post a Comment