Di Jawa Timur, Tanah Liat Dijadikan Cemilan

ampo Wow, di Jawa Timur, Tanah Liat Dijadikan Cemilan

Pernahkah Anda mendengar makanan berbahan dasar dari tanah liat? Jika Anda bertandang ke daerah Jawa Timur, Anda pasti menemukan sejenis makanan yang hanya berbahan dasar tanah liat. Masyarakat setempat menyebutnya Ampo.

Ampo adalah makanan tradisional yang dibuat dari tanah liat. Masyarakat Jawa Timur termasuk Tuban percaya bahwa ampo berkhasiat untuk menguatkan sistem pencernaan. Makanan ini dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit.

Seperti yang dilansir dari Berita Unik, Rasima, sang penjual ampo, mengatakan bahwa tidak ada resep untuk memasak tanah tersebut. Dia hanya mencari tanah yang bersih yang bebas dari kerikil, kemudian ditumbuk dan dipadatkan sehingga berbentuk segi empat.

Kemudian, mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan. Tanah yang sudah menggulung itu kemudian dibakar dan diasapi selama 1 jam, lalu jadilah sebagai snack atau makanan ringan yang siap dimakan.

Rasima biasanya menjualnya dipasar dan sehari dia bisa mempunyai penghasilan sekitar Rp 20 ribu untuk menghidupi keluarganya.

Jawa Timur merupakan satu-satunya daerah di dunia yang memakan tanah panggang. Memang ada orang-orang lain di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya, tapi tidak ada yang memakan tanah panggang.

Salah seorang warga Tuban mengatakan bahwa dia sudah memakan ampo sejak dia masih kecil dan ampo mendinginkan perutnya.

Nah, ternyata selain menjadi cemilan ampo juga berkhasiat bagi kesehatan. Apakah Anda penasaran ingin mencobanya? (beritaunik/islampos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Jawa Timur, Tanah Liat Dijadikan Cemilan"

Post a Comment