Kecewa Keluarganya Terbunuh, Pria Ini Kembalikan Medali Kehormatan dari Israel

medalisrael Kecewa Keluarganya Terbunuh, Pria Ini Kembalikan Medali Kehormatan dari Israel
Den Haag, Belanda - Peraih medali kehormatan dari kaum Yahudi Israel, dikabarkan telah mengembalikan medalinya tersebut kepada Israel. Pria asal Belanda ini mendapat medali kehormatan dari Israel karena dianggap sebagai penolong anak Yahudi selama Perang Dunia. Pria ini mengembalikan medali tersebut setelah enam anggota keluarganya tewas dalam serangan udara Israel di Gaza.

Henk Zanoli, 91, menulis surat kepada Kedutaan Besar Israel di Den Haag, Belanda, dan mengatakan ia tidak bisa lagi menerima medali kehormatan tersebut, BBC melaporkan pada Ahad (17/8/2014).

Zanoli menjelaskan pesawat F-16 Israel menghancurkan rumah keluarganya di Gaza dan menewaskan mereka dalam serangan Israel belum lama ini.

Namun, Kedutaan Israel menolak untuk mengomentari keputusan Zanoli tersebut.

Zanoli dan ibunya dianugerahi gelar kehormatan oleh Israel pada 2011 karena membantu penampungan anak Yahudi dari Nazi di rumah keluarga mereka pada tahun 1943 – 1945.

Penghargaan tersebut diberikan kepada warga non-Yahudi yang mempertaruhkan hidup mereka untuk melindungi dan menyelamatkan orang-orang Yahudi selama Holocaust.

“Jika saya tetap menerima kehormatan yang dianugerahkan Israel dalam situasi seperti ini, sama saja artinya dengan sebuah penghinaan bagi keluarga saya yang kehilangan 6 kerabat mereka di Gaza,” tulis Zanoli kepada harian Israel, Haaretz.

Kondisi fisik Zanoli dilaporkan terlalu lemah untuk menyerahkan medali tersebut secara langsung, sehingga ia mengirimnya ke Kedutaan Besar Israel di Belanda. (haaretz/bbc/islampos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecewa Keluarganya Terbunuh, Pria Ini Kembalikan Medali Kehormatan dari Israel"

Post a Comment