Menjelang Detik-Detik Proklamasi, 500 Anggota OPM Kembali ke NKRI



Foto: Repro Cepos
Sebuah berita menggembirakan muncul dari Manokwari Selatan, Papua Barat. Sehari sebelum peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, 500 anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyatakan kembali ke pangkuan NKRI. Pernyataan sumpah setia kepada NKRI dipimpin langsung oleh tiga pimpinannya yaitu Yance Mandacan, Sayori Mandacan, dan Ajis Mandacan. Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua sendiri yang langsung menyaksikan pernyataan kesetiaan tersebut.

Sebagaimana diberitakan oleh Cenderawasih Pos, Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Arh. Rikas Hidayatullah menyatakan, “500 anggota OPM yang menyatakan kembali ke NKRI itu berasal dari Kampung Susmuruf, Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan.”

Bersamaan dengan pengucapan sumpah setia ini, kelompok OPM tersebut menyerahkan beberapa helai bendera Bintang Kejora,  8 pucuk senjata api, dan menerima bendera Merah Putih.

Menurut Kapendam kedelapan pucuk senjata itu terdiri dari 1 pucuk SKS, 2 pucuk Revolver, 1 pucuk Double Loop, 1 pucuk M16A1, dan 3 pucuk senjata rakitan.

Kapendam menyampaikan bahwa di antara mereka juga ada Nico Saiba, putra kandung Alex Saiba yang terbunuh saat operasi Trikora. Nico sempat menghimbau agar rekan-rekannya yang masih berjuang di hutan-hutan untuk segera kembali ke pangkuan NKRI. (Cepos/kabarpapua.net)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjelang Detik-Detik Proklamasi, 500 Anggota OPM Kembali ke NKRI"

Post a Comment