Resmi! Inilah Tampilan Uang NKRI Baru

Resmi! Ini Penampakan Uang NKRI Baru
Uang Kertas Baru Pecahan Rp 100.000 Tahun Emisi 2014 (sumber: Http://www.kemenkeu.go.id)
Uang NKRI baru dengan uang kertas pecahan Rp 100.000 mulai berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan pada 17 Agustus 2014.

Bank Indonesia (BI) dan pemerintah akhirnya resmi memperkenalkan desain mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang baru. Uang ini resmi berlaku, dikeluarkan, diedarkan, pada 17 Agustus 2014 atau bertepatan Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengutip keterangan tertulis Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kamis, 14 Agustus 2014, uang NKRI ini baru akan diterapkan pada uang kertas pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2014.

Secara umum, desain uang NKRI pecahan 100 ribu ini tidak mengalami perubahan signifikan, dibandingkan pecahan yang beredar saat ini.

Perbedaan utama antara lain dapat dikenali dari frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia" pada bagian muka dan belakang uang. Sebelumnya, frasa yang dipakai adalah Bank Indonesia.

Kebaruan dari uang NKRI ini adalah Penandatangan uang dari yang sebelumnya Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

Dengan tetap menggunakan sebagian besar desain lama, uang NKRI ini masih menggunakan gambar pahlawan nasional yang merupakan proklamator Indonesia, Soekarno-Muhammad Hatta.

Dalam perencanaan pengeluaran uang Rupiah tersebut, sebagaimana diatur dalam UU Mata Uang, BI telah berkoordinasi dengan pemerintah dalam mempersiapkan pengeluaran uang Rupiah kertas.

Pemerintah sendiri telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2014 tanggal 2 Juni 2014 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta dalam Rupiah Kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia. (merdeka.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resmi! Inilah Tampilan Uang NKRI Baru"

Post a Comment