Peta Seperti Ini Yang Sehari-hari Diberikan BMKG Kepada Para Pilot

Para pilot untuk mengetahui jalur penerbangan yang aman terkait dengan kondisi cuaca setiap harinya mendapat update informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam bentuk peta cuaca. selalu memberikan update informasi cuaca di jalur penerbangan bagi pilot dan maskapai. Seperti apa peta cuaca yang diberikan BMKG itu?

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan dan Maritim BMKG Syamsul Huda, stasiun BMKG yang berada di masing-masing bandara menyiapkan peta prakiraan cuaca hari itu untuk diserahkan pada pilot dan pihak maskapai.

"Informasi disampaikan ke pilot berupa hard copy. Kebanyakan stasiun-stasiun BMKG masih menggunakan berupa hard copy. Itu terdiri dari peta-peta angin, peta lingkupan awan. Paling nggak paling nggak 8-12 lembar," jelas Syamsul, Kamis (1/1/2014).

Para pilot dan maskapai mengambil berkas hard copy itu ke stasiun BMKG yang berada di masing-masing bandara. Selain dengan cara manual diberikan dengan cara hard copy, BMKG juga mengirim soft copy ke masing-masing maskapai.

"Ada airline yang dikirim ke email. Teman-teman di Cengkareng sudah memanfaatkan by email ke airline. Yang lain seperti di Surabaya sudah pakai email. Ada beberapa yang sudah pakai email dan ada yang langsung ambil hard copy," jelas dia.

Menurutnya, mengacu pada Civil Aviation Safety Regulation (CASR) Kemenhub, BMKG wajib menyediakan informasi cuaca.

"CASR dari Menteri Perhubungan itu salah satu poinnya BMKG mandatory menyediakan informasi itu. Poin berikutnya, kru atau airlines-nya itu wajib, harus menggunakan informasi dari BMKG tersebut untuk membuat rencana penerbangannya," jelas Syamsul. (detik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peta Seperti Ini Yang Sehari-hari Diberikan BMKG Kepada Para Pilot"

Post a Comment