Freeport Diminta Gunakan Baja dan Semen Nasional

Freeport 
Menteri Perindustrian, Saleh Husin, meminta PT Freeport Indonesia menggunakan komponen dan produk dalam negeri dalam membangun infrastruktur tambanga dan operasional tambang, kerna sudah menjadi bagian dari industri nasional.

"Maka, perlu didukung oleh industri-industri lainnya. Sejalan dengan komitmen investasi dan operasi Freeport di Indonesia, saya minta mereka menggunakan lebih banyak produk yang sudah bisa dihasilkan di dalam negeri," kata Saleh saat berkunjung ke Freeport, Mimika, Papua, Sabtu kemarin.

Dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews di Jakarta, Minggu (20/9), Saleh mengatakan, Freeport harus menggunakan material hasil produksi nasional, seperti baja dari Krakatau Steel, semen dari Semen Indonesia, batu bara dari PTBA, dan lain-lain.

Terlebih, kualitas produk Indonesia mumpuni untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan Badan Usaha Mlik Negara (BUMN), swasta, dan pemerintah. Faktor kedekatan lokasi juga menjadi keunggulan dibanding produk luar negeri.

Menperin Saleh Husin berkunjung ke Timika bersama Menteri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

"Makanya, kami sengaja mengajak direksi BUMN antara lain Pindad, Dahana, Krakatau Steel, Pertamina, Semen Indonesia, dan PT Bukit Asam  ke sini," ujar Saleh. (Gatra)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Freeport Diminta Gunakan Baja dan Semen Nasional"

Post a Comment