Yahukimo Satu-satunya Kabupaten yang Masih Gunakan Sistem Noken

Kabupaten Yahukimo masih gunakan sistem Noken 
Kabupaten Yahukimo merupakan satu-satunya kabupaten di Papua yang masih menggunakan sistem noken dalam pilkada 9 Desember 2015.

"Saat ini hanya Kabupaten Yahukimo yang menyatakan masih menggunakan sistem noken dalam pilkada Desember 2015," kata Komisioner KPU Papua Divisi Hukum dan Pengawasan Tarwinto kepada Antara.

Dikatakan, untuk daerah lainnya seperti Kabupaten Pegunungan Bintang, Yalimo dan Kabupaten Nabire tidak menggunakan sistem noken.

Tidak lagi digunakannya sistem noken karena pemerintah daerah sudah berkomitmen untuk melaksanakan seperti daerah lainnya di Indonesia, yakni secara langsung.

Untuk pelaksanaan sistem noken akan dikeluarkan petunjuk teknis yang mengacu pada pelaksanaan pilkada gubernur/wakil gubernur 2013, kata Tarwinto.

Menurut dia, untuk Kabupaten Yahukimo terdapat 280.097 pemilih yang akan memilih di 518 TPS yang tersebar di 51 distrik.

Pilkada di Yahukimo akan diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Abock Busup-Yulinus Heluka, Arkelas Asso-Lapius Merel Sou dan pasangan David Silak-Septinus Pahabol.

Sementara itu, Kapolres Yahukimo Akbp Ade Jaja secara terpisah mengatakan situasi kamtibmas di wilayahnya aman dan terkendali.

Untuk pengamanan pilkada awal Desember disiapkan sekitar 100 personel yang terdiri dari Brimob, polisi dan TNI. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yahukimo Satu-satunya Kabupaten yang Masih Gunakan Sistem Noken"

Post a Comment