Golkar Bakal Rusak Konsolidasi Koalisi Jokowi

Headline
Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, masuknya Partai Golkar dalam kabinet Jokowi-JK bakal merusak hubungan komunikasi partai politik pendukung atau koalisi pasangan calon presiden nomor urut 2.

Menurut dia, tentu saja partai pengusung Jokowi-JK dari awal seperti Nasdem dan PKB akan iri jika Golkar bergabung dalam pemerintahan nanti. Apalagi, Golkar minta banyak posisi menteri dari kadernya.

"Kekuatan besar di parlemen tentu ia minta kursi menteri yang banyak. Jelas, penarikan Golkar ke koalisi PDIP merusak konsolidasi awal pendukung Jokowi," kata Pangi.

Ia menjelaskan, partai berlambang pohon beringin itu tidak berkeringat dari awal saat pemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, diperhitungkan ketika sudah membangun koalisi baru setelah pemilu presiden.

Memang, kata Pangi, Golkar merupakan partai politik yang terkenal pintar dan berpengalaman, bergerak dengan strategi licin.

"Tentu saja menimbulkan sakit hati (partai koalisi Jokowi-JK), nggak berkeringat dari awal namun ketika bergabung belakangan tapi mengambil keputusan penting dalam politik dan mempengaruhi setiap proses politik," jelas dia. (inilah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Golkar Bakal Rusak Konsolidasi Koalisi Jokowi"

Post a Comment