Koran Komunis Bersejarah Italia Berhenti Terbit

Koran Italia, L'Unita
Koran Italia, L'Unita
Koran bersejarah kaum Komunis Italia, L'Unita terpaksa berhenti terbit mulai Jumat depan karena dilanda krisis keuangan. Keputusan untuk menghentikan publikasi diambil setelah para pemegang saham gagal menemui kesepakatan soal rencana pengembangan harian tersebut.

L'Unita didirikan tokoh komunis terkemuka Italia Antonio Gramsci pada 1924 sebagai media resmi Partai Komunis Italia (PCI). Pada zaman fasisme Benito Mussolini, L'Unita berhasil bertahan sebagai media propaganda bawah tanah.

Krisis menerpa koran tersebut pada 1990-an seiring dengan perpecahan yang terjadi di tubuh PCI. Sempat berhenti terbit sebentar pada tahun 2000, L'Unita kembali hadir dengan kepemilikan saham pribadi.

"Mereka telah mambunuh L'Unita," begitu judul besar di halaman depan harian itu pada Rabu (30/7), seperti dilansir Reuters. Tiga halaman berisi wacana seputar penutupan koran tersebut dan iklan, sementara sisa 20 halaman lainnya dibiarkan kosong.

Seperti media cetak lainnya, L'Unita terkena imbas perubahan tren industri koran ke media internet. Selain itu, masalah krisis ekonomi Italia juga menjadi kendala tersediri, yang membuat media tersebut memiliki utang jutaan Euro. Di saat yang bersamaan, penjualan mereka terus merosot hingga di bawah 20 ribu eksemplar per hari.

Sementara ini, janji untuk membantu L'Unita disampaikan Partai Demokratik (PD), partai kiri-tengah penyokong Perdana Menteri Matteo Renzi. PD yang memiliki sedikit saham di media itu berjanji untuk membantu, meski menyatakan tidak bertanggung jawab atas masalah yang dihadapi koran tersebut.

Bendahara PD Franscesco Bonifazi mengatakan, tanggung jawab berada di tangan pihak manajemen. "PD berkomitmen seratus persen untuk mencarikan solusi. Kita akan menyelamatkan L'Unita," ujar dia. (ROL)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Koran Komunis Bersejarah Italia Berhenti Terbit"

Post a Comment