Dihadiri Pejabat PNG, Detik-detik Proklamasi di Papua Berlangsung Khidmat



Foto: detikcom

Detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-69 ditandai dengan 17 kali dentuman meriam di Stadion Mandala Jayapura, Papua. Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Matius Murib pun membacakan kalimat sakral Proklamasi Kemerdekaan RI. Para peserta nampak khidmat mendengarkan pembacaan kalimat yang 69 tahun lalu untuk pertama kali dibacakan oleh Presiden Soekarno.

Seperti peringatan hari besar lainnya, upacara dengan inspektur upacara Gubernur Papua, Lukas Enembe kali ini pun dihadiri oleh sejumlah pejabat dari negara tetangga. Sejumlah pejabat itu ialah Menteri Parawisata dan Kebudayaan Papua Nugini (PNG), Hon Boka Kondra, Gubernur Sandaun Province PNG, Hon Paul Nengai, Walikota Vanimo PNG Jerry Kina dan Kepala Protokol Sandaun Simon M. Ledu.

Usai pengibaran bendera, acara dilanjutkan dengan atraksi bela diri dari Batalion 751/R. Sambutan peserta upacara cukup meriah.

Dalam upacara kali ini direncanakan akan digelar pula atraksi terjun payung. Namun, karena hujan yang sempat mengguyur beberapa saat di kawasan Jayapura Utara, atraksi batal dilaksanakan. Rencananya Heli Super Puma SA-330 akan menerjunkan para penerjun yang terdiri dari Paskhas TNI AU, AD dan AL dari ketinggian 6000 kaki. Penerjun-penerjun itu direncanakan akan membawa dan mengibarkan bendera Merah Putih dan akan mendarat di lapangan upacara Stadion Mandala Jayapura.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dihadiri Pejabat PNG, Detik-detik Proklamasi di Papua Berlangsung Khidmat"

Post a Comment