Perlu dijadikan Teladan, Sikap Negara Amerika Latin Yang Tegas Terhadap Israel

Reruntuhan bangun di Gaza, Palestina.
Reruntuhan bangunan di Gaza Palestina
Sikap negara-negara Amerika Latin menanggapi genosida yang dilakukan Israel terhadap penduduk Gaza, perlu dijadikan teladan bagi pemimpin-pemimpin dunia lainnya. Lima negara telah menarik duta besar mereka sejak awal Israel melakukan agresi bulan lalu. Kelima negara itu adalah Ekuador, Brazil, Peru, Chile, dan El Salvador.

Yang terbaru adalah Bolivia yang dengan berani menyebut Israel sebagai "negara teroris". Negeri pimpinan Evo Morales itu juga membatalkan kebijakan visa gratis bagi warga negara Israel.

Tak mau kalah, Chile juga menjatuhkan sanksi tambahan dengan menangguhkan negosiasi perdagangan bebas dengan Israel.

Seperti dilansir Aljazirah, Jumat (1/8), penarikan para diplomat oleh lima negara Amerika Latin tersebut berlangsung hanya dua bulan pasca-Pemerintah Israel mengumumkan rencana peningkatan hubungan ekonomi dengan negara-negara Amerika Latin. Meski Israel mengemukakan berbagai alasan, negara-negara Amerika Latin tetap bergeming dengan sanksi mereka.

Jauh sebelum aksi heroik sejumlah negara Amerika Latin tersebut, pada 1973, Kuba menjadi negara Amerika Latin pertama yang memutus hubungan diplomatik dengan Israel. Hal terebut dilakukan pemerintahan Fidel Castro waktu itu sebagai bentuk dukungan perjuangan rakyat Palestina meraih kedaulatan Tanah Airnya.

Pada 2009, Venezuela dan Bolivia secara tegas memutus hubungan diplomatik dengan Israel setelah tiga pekan negara tersebut mengagresi Palestina. Ketika itu Venezuela dan Bolivia berang  terhadap kebutralan tentara Israel yang telah merenggut nyawa banyak warga sipil Palestina, persis seperti saat ini.

Setahun setelah itu, Israel kembali berulah dengan melakukan penyerbuan terhadap 'kapal kemanusiaan' Mavi Marmara. 10 orang tewas, hingga membuat Nikaragua, satu lagi negara Amerika Latin, mengumumkan penaguhan hubungan diplomatik dengan Israel. 
(ROL/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlu dijadikan Teladan, Sikap Negara Amerika Latin Yang Tegas Terhadap Israel"

Post a Comment