Memprihatinkan, Satu Keluarga di Bali Tidur di Kandang Ayam


Satu keluarga di Bali tidur di kandang ayam
Rumah Wayan Murta.
Klungkung, Bali - Memprihatinkan. Barangkali inilah kata yang tepat ketika menyaksikan tempat tinggal keluarga Wayan Murta (30), warga Banjar Antapan, Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Wayan bersama keluarganya sudah bertahun-tahun hidup bersama ayam peliharaannya.

Rumah Wayan hanya berdindingkan anyaman bambu dan tanah liat. Di dalam rumah banyak ayam. Bahkan di bale tempat tidur gubuk ini, di atasnya ada seekor ayam sedang mengeram. "Keseharian kami hanya mengandalkan makan beras jatah dan jual ayam kalau ada yang bisa dijual," kata Wayan Murta di Nusa Penida, Minggu (7/9).

Di dalam gubuk berukuran 4x5 meter ini, Wayan Murta tinggal bersama istri Ni Nyoman Sarmi (25), anak pertamanya Gede Januadi Saputra (7), dan anak keduanya Kadek Ratna Setiawati (3 bulan) serta kakek Wayan Murta, Wayan Siman (70). Selain ditempati berlima, di dalam rumah dengan alas tanah ini keluarga Wayan Murta melakukan aktivitasnya seperti memasak dan memelihara ayam dalam gubuk ini. (merdeka/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: