AKP Turki Gelar Munas Ke-5


Sabtu (12/9/2015),  partai berkuasa Turki AKP (Adalet ve Kalkınma Partisi/Partai Keadilan dan Pembangunan) menggelar kongres (munas) yang kelima untuk memilih Ketua Umum baru.

Ahmet Davutoglu yang sekarang menjabat Ketum AKP setelah menggantikan Erdogan, diperkirakan akan kembali terpilih. Davutoglu saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri interim sampai digelar pemilu ulang Turki 1 November mendatang.

Sebanyak 1.445 delegasi AKP dari seluruh Turki menghadiri kongres yang berlangsung di Sport Hall Ankara Turki.

Kongres ini diliput oleh 800 wartawan dari 20 media internasional dan 50 media domestik.

Sejumlah pemimpin politik dari Afrika, negara-negara Asia dan Eropa dan kepala organisasi internasional telah diundang untuk menghadiri kongres. Total ada sekitar 300 pejabat yang diundang termasuk sesepuh Annahdhoh Tunisia, Syekh Rasyid al Ghanusi.

Perwakilan dari 220 organisasi non-pemerintah Turki dan 11 partai politik termasuk partai HDP pro-Kurdi juga diundang.

Arena tempat kongres didekorasi dengan berbagai banner bertuliskan diantranya “Turn on lights so Turkey will be enlightened" (logo AKP adalah lampu), juga banner “One nation, one flag, one motherland and one state". Pidato di kongres AKP akan diterjemahkan dalam enam bahasa, termasuk Russian, Kurdish dan Jerman.

Salah satu tamu istimewa yang diundang adalah Ketua Biro Politik Hamas, Khalid Misy’al yang sudah tiba di Turki sejak Jumat kemarin. Dalam kunjungan ini Misy’al ditemani anggota biro politik: Dr. Musa Abu Marzuq, Sami Khatir, Izzat Rishq dan Jihad Yaghmur.

Misy’al dijadwalkan menyampaikan sambutan dalam pembukaan muktamar, dan bertemu dengan sejumlah pemimpin Turki. (yenisafak/infopalestina)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " AKP Turki Gelar Munas Ke-5"

Post a Comment