Kisah Nyata, Menghajikan Orang Meninggal Akan Sampai Pahalanya


Seorang Ibu menangis sedih karena anak lelakinya yang kebetulan akan berangkat haji tahun ini meninggal dunia. Wajar ibu ini menangis. Tangisannya adalah tangisan kasih sayang yang berbalut kerinduan.

Seorang ibu yang kebetulan berteman akrab dan bertetangga dengan ibu tadi berkatanya padanya: "Tenangkan hatimu, sahabatku. Anakku akan menghajikan anakmu. Anakku akan berangkat haji tahun ini, saya sudah bilang padanya untuk menghajikan anakmu, dan dia siap."

Haji telah usai. Ibu yang anaknya meninggal dunia itu menelpon sahabatnya yang anaknya menghajikan almarhum itu. Sambil menangis haru ia berkata: "Sahabatku, terimakasih yang tak terhingga ya, saya bahagia, tadi malam saya bermimpi anakku datang kepadaku tersenyum dalam keadaan berihram."

Subhanallah. Saya sungguh terharu dengan kisah yang disampaikan sahabat saya Muhammad Al-Khudlairi ini. Saya yakin sekali bahwa memang ada empat amalan yang akan sampai pada orang yang sudah meninggal: menghajikan, mengumrohkan, bershadaqah yang pahalanya dihadiahkan padanya, dan berdoa untuknya.

Sempatkanlah melakukan empat hal itu untuk keluarga atau sahabat kita yang sudah meninggal, semoga ketika kita nanti sudah meninggal, tiba gilirannya untuk mendapatkan kebahagian yang sama. Salam.

Penulis: Ahmad Imam Mawardi
Sumber: inilah.com

Subscribe to receive free email updates: