Produk Olahan Kelapa Depok Tembus Pasar Inggris dan Amerika

Minyak kelapa

JAKARTA - Produk olahan kelapa Depok, Provinsi Jawa Barat, menembus pasar internasional karena diolah secara alami dan menyehatkan.

"Untuk saat ini, ekspor produk olahan kelapa seperti minyak kelapa murni, sabun, lotion herbal mencapai satu kontainer per bulan ke pasar London, Kanada, Amerika, Turki dan Jepang," kata Kepala Bagian Pemasaran Sumber Rejeki, Muhammad Nur Aziz di Jakarta, Rabu (9/10).

Ia menjelaskan, saat ini, ekspor produk olahan kelapa ini didominasi ke London dengan produk utama minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO).

"Negara tujuan ekspor ini, seperti London, Kanada, Amerika, dan Jepang meminta produk dalam bentuk kemasan berukuran 250 mili liter (ml) dan 100 ml, untuk menjaga kualitas dan higienis produk," ujarnya.

Sementara itu, ekspor ke Turki didominasi produk olahan kelapa sabun, lotion untuk menyehatkan dan menghaluskan kulit konsumen di negara itu.

"Lotion dan sabun ini cocok dan efektif untuk menghaluskan dan menyehatkan kulit warga Turki yang agak kasar akibat kondisi cuaca panas," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini, hanya mampu mengekspor berbagai produk olahan kelapa ke berbagai negara tujuan, karena keterbatasan alat pengolahan yang masih sederhana.

"Saat ini, kita masih terkendala peralatan pengolahan kelapa yang masih dilakukan secara sederhana, sehingga produk yang dihasilkan masih kurang untuk memenuhi permintaan pasar nasional dan internasional," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, pihaknya terus berusaha untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk, dengan menjalin kerja sama dengan instansi pemerintahan dan akademisi.

"Jika produk kelapa jika diolah secara kreatif bisa menghasilkan omzet yang menguntungkan dan menjadi usaha yang bisa mensejahterakan petani kelapa dan mengurangi pengangguran," ujarnya. (ROL/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: