Tak Berpihak Pada Pejuang Palestina, Mesir Terus Hancurkan Ribuan Terowongan Gaza

Terowongan Gaza-Israel yang dibangun pejuang Palestina.
Terowongan Gaza-Israel yang dibangun pejuang Palestina.
RAFFAH - Kantor Berita Mesir pada Kamis (16/10/2014) melaporkan bahwa aparat keamanan Mesir terus melancarkan operasi pencarian dan penghancuran terowongan buatan warga Gaza yang terhubung dengan wilayahnya. Sudah 1.820 terowongan Gaza yang dibinasakan aparat Mesir.

"Jumlahnya bertambah, dengan dihancurkannya tujuh lagi terowongan ilegal," tulis Kantor Berita Mesir.

Disebutkan, aparat juga menangkap belasan warga Palestina yang berusaha memasuki Mesir secara ilegal melalui terowongan.

Terowongan bawah tanah yang menghubungan Gaza dan Mesir yang dibangun oleh warga Palestina itu, biasanya digunakan untuk memudahkan pembelian bahan kebutuhan pokok di Mesir. Para pengamat menilai, terowongan itu dibangun untuk akses bahan makanan akibat blokade darat, laut, dan udara yang diberlakukan Israel terhadap kantong Palestina tersebut.

Di masa Presiden Mohamed Moursi, terowongan-terowongan ilegal itu dibiarkan, mengingat bahwa di situlah salah satu denyut nadi warga Palestina. Penguasa baru Presiden Abdel Fatah Al Sisi berikrar akan membasmi semua terowongan di Semenanjung Sinai. Di sisi lain, pemerintah Mesir mengirim 200 ton bantuan kemanusiaan ke Gaza berupa bahan makanan dan obat-obatan serta selimut. (ROL/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: