Gunung Soputan Minahasa Meletus, Tinggi Letusan Capai 4.500 Meter


Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali meletus pada Sabtu sore (7/3), tepatnya pukul pukul 17.09 WITA.

"Tinggi letusan mencapai 4.500 meter condong mengarah ke bagian Tenggara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan, Sabtu malam (7/3).

Informasi yang disampaikan Sutopo ini berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi-Badan Geologi.

Masih berdasarkan laporan PVMBG Badan Geologi, lanjut Sutopo, awan panas akibat letusan ini menuju ke arah Barat dengan jarak luncur lebih kurang 2.500 meter. Aabu vulkanik sendiri menyebar tipis di beberapa wilayah di Kecamatan Silian Raya, Touluaan, Tombatu dan sebagian di Kecamatan Pasan dan Rataha di Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Status tetap Siaga (level 3). Tidak ada pengungsian karena permukiman terdekat berjarak 8 km," demikian Sutopo.

Lebih lanjut Sutopo mengungkapkan bahwa pada Juni 2008, terjadi luncuran awan panas mencapai 6,5 km dari puncak, sehingga radius ini harus kosong dari aktivitas manusia.

"Untuk itulah radius 6,5 km dari puncak harus kosong dari aktivitas penduduk," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sutopu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kesiapsiaagan. Pasalnya, dari 127 gunung api aktif di Indonesia saat ini, terdapat 5 gunung berstatus siaga (level 3) yaitu Gunung Soputan, Gunung Gamalama, Gunung Sinabung, Gunung Karangetang, dan Gunung Lokon.

"Selain itu ada 15 gunung berstatus waspada (level 2)," tandasnya. (rmol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Soputan Minahasa Meletus, Tinggi Letusan Capai 4.500 Meter"

Post a Comment