F-16 Terbakar di Halim: Miring, Guling-guling, Keluar Api

F-16 Terbakar Menjelang Pembaretan Presiden Jokowi
Sejumlah prajurit TNI AU berjaga di dekat badan pesawat tempur F16 yang terbakar di ujung landasan pacu Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, 16 April 2015. Pesawat tempur F16 ini dipiloti oleh Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono ini terbakar sekitar pukul 08.00 pagi.

Pesawat F16 terbakar saat hendak lepas landas di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Kamis, 16 Februari 2015. Rahman, 39 tahun, warga Jakarta Timur, menuturkan kronologi peristiwa tersebut.

Rahman berada tepat di seberang landasan pacu di luar pagar Bandara Halim Perdanakusuma saat pesawat itu tergelincir sekitar pukul 08.00 WIB. "Posisi saya pas menghadap lapangan," ucap Rahman saat ditemui, Kamis, 16 April 2015.

Rahman mengatakan awalnya ada tiga pesawat serupa yang hendak lepas landas. F16 nahas tersebut berada pada posisi paling depan formasi. Saat hendak naik, salah satu ban pesawat tersebut diduga Rahman mendadak meledak, sehingga pesawat dalam posisi miring. Rahman mendengar suara ledakan sebanyak dua kali.

Sempat berjalan miring sesaat, pesawat itu langsung terguling berkali-kali. "Guling-guling kayak anak kecil lagi main di lapangan."

Bersamaan dengan tergulingnya pesawat tersebut, ujar Rahman, api langsung menyembur dari arah belakang sayap. Setelah pesawat berhenti berguling, Rahman melihat mobil pemadam kebakaran segera mendekat ke lokasi jatuhnya pesawat.

Rahman menyatakan tak melihat jelas apakah ada orang yang berhasil keluar dari pesawat itu. Walau begitu, Rahman menyaksikan dua pesawat lain berhasil takeoff dengan suara menderu.

Pasca insiden, F16 itu terlihat telah ditutupi kain putih. Dua unit mobil pemadam kebakaran terlihat di sekitar area beserta sebuah mobil derek berwarna kuning. (tempo/kabarpapua.net)
F-16 Terbakar di Halim: Miring, Guling-guling, Keluar Api
Sejumlah prajurit TNI AU berjaga di dekat badan pesawat tempur F16 yang ditutupi terpal di ujung landasan pacu Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, 16 April 2015.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "F-16 Terbakar di Halim: Miring, Guling-guling, Keluar Api"

Post a Comment