Ingin Jadi ‘Sister City’, Pemkot Jayapura dan Wewak PNG Tandatangani LoI



Kerja sama ‘sister city’ (kota kembar) antara Kota Jayapura, Provinsi Papua dan Kota Wewak, Provinsi Sepik Timur, Papua Nugini ditandatangani dalam bentuk letter of intens (LoI), Senin (18/5/2015).

Wali Kota Wewak Hons Charles Malenki mengatakan bahwa kedatangannya bersama rombongan adalah dalam rangka untuk belajar banyak pada kemajuan Kota Jayapura.

“Menurut kami sangat penting kerja sama ini, karena infrastruktur di perbatasan sudah terbangun dan bisa memudahkan  untuk itu,” ungkap Malenki.

Malenki berharap ditandatanganinya LoI ini bisa segera ditindaklanjuti dengan dibuatnya Memorandum of Understanding (MoU) sesuai dengan aturan yang berlaku di kedua negara.

Menurutnya, Wewak melirik banyak kemajuan di Kota Jayapura yang ingin juga bisa diterapkan di Wewak.

“Yang terpenting yaitu terbangun hubungan ‘people to people contact’, masyarakat Wewak sangat ingin bisa belajar bagaimana penanganan perikanan dan pertanian di Kota Jayapura,” lanjut Malenki.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano menyatakan siap membagikan kemajuan di Kota Jayapura kepada daerah lain yang berminat termasuk ke Pemkot Wewak ini. 


“Tatapan yang harus kita lalui sesuai peraturan suatu daerah melakukan kerja sama dengan negara lain. Ini harus mendapatkan izin dari Kemendagri dan Kemenlu, ini akan kita ajukan ke sana,” ungkap pria yang akrab disapa BTM ini. (antara/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Jadi ‘Sister City’, Pemkot Jayapura dan Wewak PNG Tandatangani LoI"

Post a Comment