Ukraina: 7 Ribu Orang Tewas dalam Perang Sipil

Kekerasan di Ukraina
Kekerasan di Ukraina
Presiden Ukraina,  Petro Poroshenko, mengatakan  hampir 7.000 warga sipil telah tewas dalam perang sipil selama masa pemerintahannya.  Sebanyak 1.000 orang lain belum diketahui keberadaannya.
 
Pernyataan yang dikeluarkan Jumat (8/5) tersebut sekaligus mematahkan catatan PBB. Sebelumnya, PBB mencatat6.100 kematian warga sipil dalam konflik Ukraina. Poroshenko juga menyatakan sebanyak 1.657 pejuang milisi di Kiev telah tewas.

Dalam kasus ini, ia menyalahkan Rusia yang dinilai melakukan agresi militer.Alasan ini dilontarkan Poroshenko untuk menguatkan keinginan Ukraina bergabung dengan NATO.

"Mengingatsikap agresif  kebijakan Federasi Rusia menimbulkan ancaman besar bagi keamanan nasional secara jangka panjang. Strategi ini bertujuan untuk menjamin  kerjasama penuh di sektor keamanan dan pertahanan antara Ukraina dan NATO," ujar dia.

Seperti diketahui, Presiden Petro Poroshenko berkuasa dalam pemilu yang kontroversial menyusul kudeta sayap kanan terhadap pemerintah yang sah dari Presiden Viktor Yanukovych, Februari 2014.Pihaknya sering mengeluarkan pernyataan tentang agresi Rusia ke Ukraina.

Sementara itu, Moskow secara konsisten membantah telah menyuplai bantuan senjata maupun  sejumlah tentara  ke wilayah konflik Ukraina. (rol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukraina: 7 Ribu Orang Tewas dalam Perang Sipil"

Post a Comment