'Sangat Takut Direshuffle, Menteri Agama Sibuk Cari Popularitas Lupa Tugas'



Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dinilai terlalu sibuk mencari popularitas sehingga terkesan lupa pada tugas mengurusi persoalan umat. Kritikan itu disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI, Khatibul Umam Wiranu dalam keterangannya, Minggu (14/6/2015).

Tugas pokok tersebut antara lain perbaikan kualitas pelayanan haji, peningkatan mutu pendidikan Islam dan pembinaan kerukunan antar umat beragama.

"Menag dinilai lebih terbuai dengan pujian di media daripada membumikan program kerja yang digariskan Presiden Jokowi. Saya melihat, Pak Lukman sangat takut sekali direshuffle," kata Khatibul.

Cara yang dilakukan Lukman, kata Khatibul, dengan memanfaatkan media untuk mencari popularitas sehingga kinerjanya tidak memuaskan.

Politikus Demokrat itu mengungkapkan Kementerian Agama masih jauh dari memuaskan dari sisi penggunaan APBN.

"Minggu lalu, Irjen Kemenag dan BPK RI melaporkan penyimpangan penggunaan anggaran Kemenag kepada Komisi VIII DPR RI. Hasilnya cukup membuat kami geleng-geleng kepala. Pada praktiknya, ada banyak bantuan sosial yang tidak melalui mekanisme yang sebenarnya," kata Khatibul.

Akibatnya, ujar Khatibul, Kementerian Keuangan belakangan membuat aturan baru berupa perubahan akun bansos di lingkungan Kementerian Agama. Jika selama ini, bansos menggunakan akun 57, sekarang bansos harus menggunakan akun 52.

"Alasannya, mengurangi kebocoran yang selama ini masih terjadi di Kemenag," ujar Khatibul.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "'Sangat Takut Direshuffle, Menteri Agama Sibuk Cari Popularitas Lupa Tugas'"

Post a Comment