Di Bawah UP2KP, RSUD Biak Naik Jadi Tipe B. 6 RSUD Ditarget Menyusul di 2016

Kadiskes Papua apresiasi peningkatan status RSUD Biak
RSUD Biak

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Papua drg Aloysius Giyai, mengapresiasi peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak Numfor dari tipe C menjadi tipe B, hingga diresmikan Gubernur Papua Lukas Enembe pada Selasa (1/9) lalu.

"Masyarakat Papua khusus di wilayah adat Sairei dan lebih khusus lagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor patut mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena grand desain peningkatan satus RUSD Biak yang dirancang oleh Dinas Kesehatan Papua dan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) berhasil," kata Aloysius, di Jayapura, Sabtu.

Wilayah adat Saireri meliputi Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Nabire.

"Ini adalah keberhasilan semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam hal ini bupati, Direktur RSUD Biak, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor beserta jajarannya yang mana telah berkomitmen kuat dalam mendorong pembangunan kesehatan didaerah tersebut," ujarnya.

Menurut dia, peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak Numfor dari tipe C menjadi tipe B merupakan kemurahan dan anugerah Tuhan kepada warga di wilayah adat Saireri.

"Terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Biak mulai dari Bupati dan semuanya, kami hanya titip rumah sakit ini karena dari status tipe C ke tipe D bukan pekerjaan gampang," ujarnya lagi.

Peningkatan status rumah sakit dari tipe C ke tipe B sangat spetakuler karena harus bisa memenuhi fasiltas, Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga metode dan teknis kerja didalam rumah sakit seperti Standar Operasional Prosedural (SOP), dan Standar Pemeriksaan Medis (SPM).

"Akreditasi ini tidak mudah dan BLU harus terpenuhi dan ini pekerjaan besar, ini bisa terwujud apabila kita bersatu seperti sudah terbukti peningkatan status, masyarakat harus terus mendukung Bupati, DPRD Biak dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak demi terwujudnya peningkatan pelayanan RSUD Biak kedepan," ujarnya.


Dinkes targetkan peningkatan status RSUD Timika di 2016
RSUD Timika ditarget akan menjadi tipe B pada 2016
Ia menyebutkan, peningkatan status rumah sakit Biak merupakan hal pertama dan Dinas Kesehatan Papua terus mendorong peningkatan status enam rumah sakit lagi dari tipe C menjadi tipe B.

"Untuk 2016 ada empat rumah sakit yang didorong peningkatan statusnya dari tipe C menjadi tipe B, yakni RSUD Merauke, RSUD Abepura, RSUD Timika, dan RSUD Nabire," tambah dia.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan operasional peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas B dan ruang rawat inap nipas kelas III Kabupaten Biak Numfor, Selasa.(Antarapapua)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Bawah UP2KP, RSUD Biak Naik Jadi Tipe B. 6 RSUD Ditarget Menyusul di 2016"

Post a Comment