Mahalnya Pembangunan Jalan di Papua, Dibutuhkan Rp5-7 Miliar tiap km

Biaya pembangunan jalan di Papua sekitar Rp5-7 miliar/km 
Biaya pembangunan jalan di Papua saat ini menghabiskan dana sekitar Rp5 miliar hingga Rp7 miliar per kilometer.

"Mahalnya harga pembangunan jalan di Papua itu disebabkan kondisi alamnya yang cukup sulit sehingga membutuhkan biaya yang besar," kata Kepala Balai Jalan Nasional Papua Osman HM di Jayapura, Selasa.

Dikatakan, wilayah yang membutuhkan dana relatif besar yakni yang berada di pegunungan itu pun nilainya berbeda antara ruas jalan yang satu dengan lainnya.

Walaupun biaya yang harus dikeluarkan sangat besar namun pemerintah melalui APBN secara bertahap akan membangun jalan yang terhubung antar kota di Papua dan Papua Barat.

"Pemerintah melalui balai jalan nasional akan berupaya agar akses jalan antar kota saling terhubung sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakan jalan yang sudah dibangun,"harap Osman HM.

Menurutnya, balai jalan menargetkan 2018 mendatang ruas jalan trans Papua sudah dapat terhubung walaupun baru berbentuk badan jalan.

Saat ini tercatat 827 km yang masih berupa hutan yang nantinya akan dibangun jalan, kata Osman sambil menambahkan, ruas jalan trans Papua seluruhnya mencapai 4.325 km. (Antarapapua)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahalnya Pembangunan Jalan di Papua, Dibutuhkan Rp5-7 Miliar tiap km"

Post a Comment