Aksara Salman ITB Terbitkan Buku “Kontroversial”


(Foto: Utomo P.)

Sebuah antologi cerita pendek dengan tajuk "Kontroversial" dilaunching oleh Unit Literasi Aksara Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) pada pertengahan Agustus ini. Antologi pertama Aksara yang berisi sebelas cerpen tersebut diterbitkan oleh penerbit Leutika Prio.

“Kontroversial bisa jadi awal bentuk ekspresi aktivis Salman berupa tulisan,” kata Ketua Unit Aksara Salman ITB, Waliyatalatop, Kamis (21/8/2014). Ia berharap, dengan diterbitkannya buku ini dapat menjadi penggerak aktivis Salman agar suka menulis dan membaca buku, juga peduli terhadap dunia literasi.

Tak ada tema khusus pada tiap tulisan dalam “Kontroversial”. Isu-isu yang diangkat dalam kumpulan cerpen ini antara lain isu negara, kemanusiaan, keluarga, sosial-masyarakat, cinta, persahabatan, hingga seni hiburan. Sebelum dikumpulkan dan diterbitkan menjadi buku, antologi cerpen ini sempat menjadi juara 2 di lomba bersama klub menulis se-Indonesia, lomba yang diadakan Leutika Prio, penerbit “Kontroversial” yang berdomisili di Yogyakarta.

“Sebenarnya di awal nggak ada namanya, namun saat semua cerpen terkumpul kita melihat banyak ide-ide yang kontroversial dalam ide ceritanya,” kata Wali. Kontroversial sendiri berarti hal yang bersifat menimbulkan perdebatan, sehingga dapat memicu pembaca untuk berdiskusi dan mencari tahu akan ide-ide dalam setiap ceritanya.

Wali juga menargetkan, “Kontroversial” dapat dibaca berbagai kalangan. Ia mengatakan, bahasa yang digunakan dalam buku ini tidak terlalu berat sehingga tidak membutuhkan pengetahuan khusus. (salmanitb/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aksara Salman ITB Terbitkan Buku “Kontroversial”"

Post a Comment