Heboh Gambar Kreatif buatan Indonesia diklaim milik Jepang



Heboh meme buatan Indonesia diklaim milik Jepang
Gambar Kreatif Indonesia di Jepang. ©kaskus.co.id
Gambar-gambar kreatif atau biasa disebut meme saat ini tengah populer di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, seluruh dunia pun mengakui gambar kreatif tersebut untuk dijadikan bahan candaan ataupun lelucon.

Namun, siapa sangka ternyata kebanyakan meme dibuat oleh orang Indonesia. Bahkan, meme buatan orang Indonesia malah diakui Jepang. Akun kaskus, agro1986 mengaku kecewa dengan orang Jepang lantaran meme asli Indonesia malah diklaim milik Jepang.

"Ane yang pertama kali bikin versi Jepangnya, sambil bilang 'ini aslinya dari Indonesia loo'. Sekarang akhirnya populer banget di Jepang, tapi yang dicredit sebagai versi pertama bukan versinya ane. Bahkan versi ane ga dilist sama sekali di daftar/ berita manapun. Jadi mereka ga mau ngakuin sumber asli Indonesianya!!!" ujar agro1986 yang diposting di kaskus pada Rabu (24/9) lalu.

"Bayangin gan, nanti pasti bakal muncul di situs-situs berita berbahasa Inggris 'Trend meme baru dari Jepang!' tanpa ada yang tahu asal-usul yang sebenarnya! Apa cuma mau gigit jari?" tambahnya.

Awalnya, agro1986 memposting gambar meme karyanya dengan tulisan ala Jepang melalui jejaring sosial facebook. Kemudian, postingan tersebut dishare hampir mencapai 200 teman agro1986 tersebut. Dia berharap memenya tersebut guyonan meme Indonesia bakal diakui di Jepang.

"Ane tinggal di Jepang sebagai produser dan fotografer gan. Waktu itu ane iseng sama model ane Yuki-chan mau ngebikin versi Jepang dari meme tersebut. Harapannya ya biar guyonan Indonesia bisa menyebar ke Jepang ," jelas dia.

Melihat banyaknya respon positif atas postingan tersebut, agro1986 mengunggah gambar meme karyanya di forum Jepang. Dengan harapan, karyanya tersebut diakui di seluruh Jepan. Kemudian, fenomena meme di negeri sakura tersebut semakin populer. Tetapi, lanjut dia, hasil karya meme buatannya malah tidak diakui di Jepang.

"Ane udah coba ngontak situs-situs berita/blog yang bersangkutan tapi ga ada yang bales. Kayanya mereka mau ngebuat seakan-akan itu asli dari Jepang gan!!! Ga mau ngakuin kalau asalnya dari Indonesia," keluh dia

"Mereka padahal aslinya nyontek versi ane gan, soalnya terjemahan bahasa Jepangnya make punya ane. Kalau mereka nerjemahin sendiri dari Indonesianya, pasti terjemahannya ga sama karena kemungkinan nerjemahin kan banyak banget," pungkas dia. (merdeka/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: