Luar Biasa, Pelajar Internasional Terbaik Melbourne Itu Berasal dari Pontianak


Pelajar Internasional Terbaik Melbourne dari Pontianak
Para Pelajar Yang Menerima Penghargaan Di Australia (ABC Internasional)
Pelajar asal Indonesia, Harriyadi Irawan, meraih restasi gemilang di Melbourne, Australia. Pemuda asal Pontianak, Kalimantan Barat, itu menjadi pelajar terbaik se-negara bagian Victoria untuk kategori Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan. Tak hanya itu saja, dia juga dinobatkan sebagai Pelajar Internasional Terbaik tahun ini.

Menurut laman ABC Internasional, Rabu 10 September 2014, pemuda berusia 30 tahun tersebut berhak mendapat hadiah uang sebesar 20 ribu dollar Australia atau sekitar Rp 215 juta atas prestasi tersebut.

Harri, begitu dia disapa, baru saja menyelesaikan Diploma Jasa Pelayanan (Hospitality) di Sekolah Kejuruan William Angliss di Melbourne. Dia menyelesaikan pendidikan ini dalam tempo dua tahun.
Sebelum ke Melbourne, dia pernah bekerja di beberapa hotel. Ketika belajar di William Angliss, dia mendapat beasiswa Endeavour Scholarship dari pemerintah Australia.

Jumlah pelajar se-negara bagian Victoria mencapai 140.000 orang. Namun dia percaya diri ketika mengajukan lamaran untuk menjadi mahasiswa terbaik tersebut. Harriyadi mengaku tidak menyangka bisa menang. Sebab dia merasa banyak peserta lain yang bagus.

"Saya tidak mau melihat apa yang dilakukan orang lain. Saya hanya mengkonsentrasikan diri dengan apa yang saya lakukan sendiri," tutur Harriyadi. Menurut dia, indikator kemenangannya diukur dari prestasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, dia juga banyak melakukan kegiatan sukarela.

Harri mengaku sangat menyukai Melbourne karena banyaknya bantuan pemerintah untuk mahasiswa internasional. Selain itu, dia menilai kualitas pendidikan di Melbourne cukup bagus sehingga banyak mahasiswa internasional.

"Semula saya berencana untuk melanjutkan pendidkan S1 di Inggris. Tapi sekarang saya memutuskan untuk menyelesaikan di sini," ujarnya. Menurutnya, butuh waktu 2,5 tahun lagi untuk meraih gelar S1.

Penghargaan untuk mahasiswa internasional terbaik ini baru dua kali diselengarakan. Penghargaan ini merupakan upaya pemerintah negara bagian Victoria untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan di Victoria.

Ada empat kategori dalam pemiihan mahasiswa internasional terbaik, yaitu di bidang riset, pendidikan tinggi, pendidikan kejuruan, dan kursus bahasa Inggris.

Pemenang untuk bidang riset adalah Bartlomiej Kolodziejczyk dari Polandia yang belajar di Monash University. Pendidikan tinggi dimenangkan oleh Wei Yuanbin asal China dari Monash University, dan kursus bahasa Inggris dimenangkan oleh Rafael Barty Dextro asal Brazil juga dari Monash University.

Sedangkan Harriyadi Irawan menjadi pemenang di kategori sekolah kejuruan dimana ia juga terpilih sebagai pelajar terbaik internasional untuk tahun ini. (dream/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: