Pemkot Depok Gelar Hari Mencuci Tangan Sedunia


Anak-anak mencuci tangan dalam acara
Anak-anak mencuci tangan dalam acara "Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-6" di Komplek Senayan, Jakarta, Ahad (20/10).
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 17 Oktober mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya menurunkan tingkat kematian anak dan pencegahan terhadap penyakit.

"Kami akan menggelar peringatan hari mencuci tangan sedunia di Pemkot Depok," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Depok, Noerzamanti Lies usai melakukan rapat koordinasi (rakor) di Aula Lantai 5 Balai Kota Depok, Selasa (16/9).

Menurut Lies, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya, baik pihak pemerintah maupun swasta.

Kampanye ini untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Lies mengatakan, menggelar peringatan tersebut akan digelar di Lapangan Balai Kota Depok. Nantinya akan dibuat beberapa keran untuk mencuci tangan bersama.

Namun, karena tanggal yang ditetapkan bersamaan dengan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Depok di Kecamatan Cinere, maka acara akan disatukan di lokasi MTQ tersebut.

''Seluruhnya kami serahkan pada pihak Cinere, sehingga acara akan tetap berlangsung. Rencananya, Dinkes akan menggandeng 600 siswa sebagai peserta. Karena peringatan ini ditujukan khusus untuk kalangan anak-anak,'' pungkas Lies. (ROL/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: