Jerman Siapkan Aturan Mobil Tanpa Supir

Mobil tanpa supir Google.
Mobil tanpa supir Google
BERLIN - Pemerintah Jerman mulai akan membuat dasar hukum yang memungkinkan mobil tanpa supir bisa beriperasi di jalan. Menteri Perhubungan Jerman Alexander Dobrindst mengatakan, mobil tanpa supir atau robot mobil sangat mungkin akan menjadi tren di tahun-tahun yang akan datang. Maka dari itu, aturan penggunaan mobil ropot perlu dirumuskan segera.

Dia membentuk tim yang terdiri dari tokoh-tokoh peneliti, pelaku industri, politikus untuk menyusun kerangka hkum yang bisa mengizinkan mobil ini beroperasi di jalan dengan aman. Rencananya, poin-poin yang akan dibuat dalam peraturan ini akan siap sebelum pameran mobil di Frankfurt pada September mendatang.

Saat ini, regulasi di Jerman tidak memungkinkan mobil robot atau mobil tanpa supir melintas di jalan di Jerman. Berdasarkan konvensi Wina pada tahun 1968, manusia dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam kegiatan berlalulintas di jalan. KOnvensi ini disepakati oleh 72 negara lainnya.

Salah satu poin penting yang akan diklarifikasi dalam peraturan yang sedang dibuat ini adalah siapa yang harus bertanggungjawab ketika mobil yang dikendalikan oleh robot atau komputer ini mengalami kecelakaan di jalan. Beberapa waktu lalu DObrindt telah menunjuk satu pabrikan untuk melakukan uji coba prototipe mobil ini.

Industri otomotif di Jerman telah bekerja selama bertahun-tahun dan berharap mobil ini bisa dijual komersial pada tahun 2010 mendatang. Pada tahun 2014, pabrikan mobil Jerman Mercedes Benz telah mempresentasikan rencananya untuk memproduksi mobil otomatis dengan kekuatan 80 km per jam pada tahun 2025. (rol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jerman Siapkan Aturan Mobil Tanpa Supir"

Post a Comment