Kalbe Lakukan Investigasi Terkait Tertukarnya Label Obat Bunavest Spinal yang Sebabkan 2 Pasien Meninggal


Ilustrasi. (Foto:Antara/Ari Bowo)

PT Kalbe Farma Tbk telah menghentikan produksi obat Bunavest Spinal, dan menarik peredaran obat itu secara nasional. Kalbe juga tengah melakukan investigasi terhadap obat injeksi mereka yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

"Untuk dugaan salah label, kita sedang melakukan investigasi. Sebenernya mengecek ulang seluruh proses yang ada," kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius dalam konfresi pers di hotel Acasia, Jakarta Pusat, Selasa (17/2/2015).

Vidjong menjelaskan, usai mendapat laporan terhadap kematian dua orang usai diberikan obat Bunavest Spinal, pihaknya langsung meminta sampel obat dari pihak rumah sakit. Dari penyelidikan awal, memang betul ditemukan adanya ketidaksesuaian antara label dengan isi obat injeksi.

Ketika dicek menggunakan retain sampel, hasilnya sama. Ada ketidaksesuaian antara isi dan label. Untuk itu pihaknya melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap produk Bunavest Spinal

"Sebenernya mengecek ulang seluruh proses yang ada, dari bahan baku, pengemasan, pelabelan di mana supaya kita tahu akar permasalahannya ini," pungkas dia

Pihaknya sampai saat ini belum mau berandai-andai apa terjadinya salah lebel pada obat injeksi yang sudah hadir 7 tahun itu karena human error.

Apalagi kata dia, produksi obat dilakukan dengan standarisasi tinggi serta bila dilihat prosesnya banyak dilakukan oleh mesin.

"Proses itu sedang dicek supaya kita sendiri mengetahui," kata dia.

Sebelumnya dua orang pasien di RS Siloam Karawaci meninggal, usai disuntik Buvanest Spinal 0,5 persen Heavy pada Kamis 12 Februari lalu. Diduga Kandungan asam Tranexamic yang merupakan bahan baku obat injeksi penghenti perdarahan dengan merek Kalnex tertukar atau tercampur dengan bahan baku obat injeksi anestesi merek Buvanest Spinal. (metro/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalbe Lakukan Investigasi Terkait Tertukarnya Label Obat Bunavest Spinal yang Sebabkan 2 Pasien Meninggal"

Post a Comment