Arab Saudi Panggil Dubes Iran, Ada Apa?

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arab Saudi Osama Naqli memanggil Duta Besar Iran, Selasa (9/6). Pemanggilan tersebut dilakukan setelah empat warga Arab Saudi meninggal akibat keracunan di kota Iran timur.

Kelompok peziarah dari minoritas Muslim Syiah Arab Saudi yang berjumlah 33 orang mengalami keracunan pada hari Ahad (7/6). Mereka mengalami keracunan saat menginap di sebuah hotel Mashhad, seperti dilansir kantor berita Iran, IRNA, Senin (8/6). Kantor berita Iran lainnya mengutip pernyataan seorang pejabat yang mengatakan keracunan yang seperti disengaja. Dia juga menyalahkan standar kebersihan di hotel tersebut

"Iran harus cepat melakukam investigasi terkait keracunan tersebut dan juga harus menindaklanjuti kondisi medis pasien serta memberikan perlindungan yang diperlukan bagi mereka," kata Osama Naqli.

Akibat keracunan tersebut setidaknya empat anak meninggal. Sementara 28 lainnya dirawat di rumah sakit. Pihak berwenang Iran mengatakan tlah menangkap lima anggota staf hotel terkait kejadian tersebut.

Mashhad adalah tempat suci Imam Reza, sosok yang dihormati oleh Islam Syiah. Tempat tersebut juga mampu menarik jutaan peziarah setiap tahun dari seluruh dunia Muslim. (rol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arab Saudi Panggil Dubes Iran, Ada Apa?"

Post a Comment