Menengok Taman Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Merauke

Menengok Taman Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Merauke
Ujung timur Indonesia berada di Merauke, Papua, yang berbatasan dengan Papua Nugini. Sebuah taman yang tertata apik akan menyambut siapapun yang pernah menginjakkan kaki di perbatasan RI-PNG itu.

Perbatasan yang tepatnya berada di Distrik Sota, Merauke, Papua, taman dengan nuansa warna merah putih itu tampak terawat dengan baik. Jajaran pohon rindang pun tampak menaungi sehingga mencipta keteduhan yang membuat nyaman.

Lokasi taman itu dapat dicapai dari pusat kota Merauke dengan menggunakan mobil pribadi. Sekitar 1 jam sampai 1,5 jam adalah waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi taman tersebut.

Jalan yang ditempuh pun sudah beraspal meskipun terkadang lubang dan gelombang di sana-sini masih menjadi hambatan perjalanan. Pemandangan alam yang cantik pun menemani di sepanjang jalan.

Sebelum memasuki taman tersebut, ada sebuah gapura yang bertuliskan 'Good Bye and See You Again Another Day' dengan hiasan burung garuda di atas gapura warna krem itu. Sejumlah bendera Merah Putih juga berdiri tegak di sekitar gapura tersebut.



Di sekitar taman terdapat beberapa penjual kenang-kenangan seperti kaos, tas rajutan, hingga minyak kayu putih serta madu. Bangunan di taman tersebut juga dicat warna merah dan putih.

Taman tersebut sebenarnya dirawat oleh Ipda Ma'ruf Suroto yang telah bertugas di Distrik Sota sejak tahun 1993. Rumah polisi itu juga hanya sepelemparan batu dari taman tersebut. Namun sayangnya saat hendak dikunjungi, polisi itu tidak berada di lokasi.
  • Menengok Taman Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Merauke
  • Menengok Taman Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Merauke
  • Menengok Taman Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Merauke

(detik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menengok Taman Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Merauke"

Post a Comment