Pengamat: Secara 'De Facto' PAN Sudah Keluar KMP

Pengamat politik Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menilai bahwa secara de facto, Partai Amanat Nasional (PAN) sudah keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP), meskipun Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku partainya masih berada dalam barisan KMP.

“Itu hanya bahasa komunikasi dan bahasa diplomatis. Secara de facto, mereka sudah keluar dari KMP dan mendukung pemerintah,” kata Yunarto, Jumat (4/9/2015).

Yunarto mengatakan, sebagai identitas dalam barisan oposisi, sesungguhnya KMP sudah tidak ada. Pasalnya, partai-partai di KMP tidak memiliki kecenderungan sikap politik yang menegaskan sebagai oposisi pemerintah.

Menurut dia, koalisi saat ini sudah tidak relevan kecuali dalam konteks pertemuan-pertemuan elite. Hal tersebut terlihat dari hubungan KMP dan Koalisi Indonesia Hebat yang sudah semakin cair.

Ia memberi contoh sikap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang beberapa kali menyatakan mendukung pemerintah Joko Widodo–Jusuf Kalla. Selain itu, adanya hubungan baik Jokowi dengan beberapa petinggi Partai Golkar.

“Tidak pernah ada koalisi yang sifatnya permanen. Ketika ada partai politik yang merasa libido politiknya terpenuhi, mereka akan loyal pada koalisi. Tapi ketika tidak terpenuhi, pada saat itu lah partai-partai akan menjadi kritis,” kata Yunarto.

Situasi seperti ini, menurut Yunarto, akan terus terjadi kedepannya. Bukan tidak mungkin akan ada lagi partai yang “menyebrang” koalisi atau yang "membalelo". Dinamika politik tergantung komunikasi dan pemenuhan kebutuhan dari masing-masing partai.

Zulkifli sebelumnya mengumumkan secara resmi bahwa PAN bergabung ke pemerintah. Hal itu disampaikan seusai pertemuan tertutup dengan Jokowi di Istana.

"Pada hari ini, kami menyatakan bergabung. Kalau sebelumnya mendukung, kini kami nyatakan bergabung dengan pemerintah untuk sukseskan program pemerintah," kata Zulkifli.

Namun, dalam pertemuan dengan pimpinan KMP pada Kamis (3/9/2015), Zulkifli mengatakan, meski mendukung pemerintah, bukan berarti partainya keluar dari KMP dan bergabung dengan KIH.

"Saya tidak menyatakan keluar KMP atau masuk KIH, tetapi bergabung ke pemerintah karena kita fokus ke permasalahan bangsa ini," ujar Zulkifli. (Kompas)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengamat: Secara 'De Facto' PAN Sudah Keluar KMP"

Post a Comment