DPD Dukung Pembentukan 28 Daerah Otonom Baru di Papua

Ahmad Muqowam
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) siap mendukung penuh permintaan Gubernur Papua Lukas Enembe atas usulan 28 Daerah Otonomi Baru (DOB) kabupaten yang disampaikan pemerintah provinsi.

Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowam, di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya melihat pengusulan DOB dari Provinsi Papua cukup objektif sehingga siap untuk memberikan dukungan penuh kepada pengusulan tersebut.

"Kami akan memprioritaskan pengusulan DOB dari Papua sebagaimana yang diusulkan oleh Pemprov Papua," katanya.

Akhmad menjelaskan, kedatangan pihaknya dalam rangka beberapa hal di antaranya melihat pengawasan terhadap revisi UU Nomor 43 tahun 2008 tentang wilayah negara.

"Kedatangan kami juga dalam rangka pengawasan terhadap pilkada serentak 2015 dan melihat aspirasi masyarakat yang menginginkan pemekaran daerah atau yang disebut DOB," ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya merupakan akses dari daerah sehingga harus mengakomodir semua itu dengan baik, karena DPD ini harus mendekatkan diri dalam pelayanan kepada masyarakat.

Senada dengan Akhmad Muqowam, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, mengatakan pihaknya merespon positif dukungan dari DPD RI mengenai pemekaran DOB dan pelaksanaan pilkada serentak.

"Kami juga sudah menyampaikan bahwa 11 kabupaten di Provinsi Papua siap melaksanakan pilkada serentak," katanya. (Republika)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DPD Dukung Pembentukan 28 Daerah Otonom Baru di Papua"

Post a Comment